Khasiat Daun Beluntas yang Jarang Diketahui

Dunia Sehat | Indonesia kaya akan sumber daya alam hayati. Suatu Negara Ditumbuhi banyak aneka tanaman obat alias tanaman Biofarma, ramuan herbal yang sudah dikenal sejak zaman dahulu.

Dari sekian banyak tanaman herbal itu, salah satunya adalah khasiat tanaman beluntas. Tanaman biasa dijadikan Toga (tanaman obat keluarga). Hal ini disebabkan karena tanaman tersebut dinilai mengandung senyawa aktif, alkaloid, natrium, minyak atsiri, kalsium flofonoida, magnesium, tannin dan fosfor.

Beluntas merupakan tanaman liar yang mudah tumbuh meskipun kadar tanah mengandung garam (asin).
Sebagian masyarakat menjadikan tanaman beluntas ini sebagai pagar hidup dan penghias halaman rumah.

Tanaman beluntas memiliki nama latin Pluchea Indica, di Makassar dinamai Lamutasa, orang pattae menyebutnya kayu Kapu’-kapu’. Beluntas juga merupakan satu diantara spisies tanaman yang dikategorikan sebagai tanaman herbal. Tanaman ini dipercaya berkhasiat karena daun Beluntas tersebut memiliki se-gudang manfaat untuk kesehatan tubuh.

Ciri-ciri daun beluntas yang dikategorikan sebagai tanaman semak bertangkai pendek, bergerigi di tepinya, berbentuk bulat sunsang, bercabang. Memiliki rusuk serta bulu halus dengan tinggi 1 sampai 3 meter. Bagian yang dijadikan obat ialah daun dan juga kulit batang, bisa digunakan dalam kondisi segar dan kering.

Manfaat Daun Beluntas

Berikut ini ulasan Khasiat daun beluntas dari para narasumber, yang telah merasakan khasiat ekstrak daun Beluntas dengan rasa getir serta bau yang khas.

Mencegah Tetanus

Mencegah penyakit tetanus karena tertusuk paku atau terkena benda karat sehingga infeksi. Hal ini disebabkan bakteri clostridium tetani memiliki spora yang cepat berkembang biak dan melepaskan racun. Caranya, ambil segenggam daun Beluntas. Setelah itu, cuci hingga bersih lalu remas-remas sehingga mengeluarkan cairan. Kemudian, tambahkan sedikit air lalu diminum. 

Mengatasi Migrain

Untuk mengatasi sakit kepala sebelah (migrain) yang sulit di diagnosis, juga dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi khasiat daun Beluntas. Caranya kucek daun beluntas lalu taburi diatas kepala beri sedikit sentuhan pijat-an ringan dan juga diminum.

Mengatasi Demam

Mengatasi demam panas atau dingin disebabkan oleh cuaca atau penyakit malaria sehingga badan terasa berdebar-debar. Untuk penyembuhan ambil daun beluntas tumbuk dalam gelas plastik tambahkan air lalu peras dan minum.

Mengatasi Penyakit dalam

Mengatasi penyakit dalam baik diakibatkan terjatuh atau kerja berat. Caranya dengan diminum air perasan ditambahkan secukupnya madu asli.

Mengatasi Bau Badan

Bagi anda yang memiliki bau badan yang membuat rasa percaya diri ambruk, jangan khawatir. Ternyata, khasiat daun Beluntas mampu mengatasi hal itu.

Mengatasi bau badan yang disebabkan oleh keringat yang di picu dari makanan dan minuman yang di konsumsi. Mengembalikan rasa percaya diri dari bau badan, cukup menggunakan daun beluntas sebagai deodoran alami.

Caranya sangat muda, tinggal ambil daun beluntas di halaman rumah, kalo belum ada silahkan ditanam dulu hehehe. Setelah itu, lalu gosok-kan daun beluntas tersebut pada badan anda. Hal tersebut biasanya dilakukan saat mandi, tunggu sebentar lalu bilas. Bisa juga langsung diminum.

Selain beberapa khasiat daun beluntas diatas. Ternyata, daun tersebut juga bermanfaat untuk mengatasi masalah kewanitaan dan bagi para pecandu rokok.

itulah sedikit ulasan manfaat daun Beluntas yang mungkin tanaman ini tidak terlalu populer seperti beberapa jenis tanaman lainnya karna dianggap gulma pada sebagian lahan, namun khasiat kegunaannya sungguh luar biasa.

Nah.. itu tadi info tentang khasiat daun Beluntas. So…, mulai sekarang tanaman ini jangan hanya dijadikan sebagai pagar atau hiasan saja yah..! sekian dulu, wassalam..! [pattae.com]

Penulis : Dusi*
Source : DokterSehat.com

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
Close