Kinerja Pemkab Polman Dikritik, Dijawab dengan WTP ke 5 Kalinya

Kinerja Pemkab Polman
Pemkab Polman

Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar kembali memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah tahun anggaran 2020 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) itu merupakan yang kelima kalinya diraih Pemerintah Kabupaten Polman sejak 2015 silam.

Wakil Bupati Polewali Mandar HM Nasir Rahmat menganggap hasil pemeriksaan (LHP) BPK, menjawab kritikan terhadap kinerja pemerintahan selama ini.

Menurutnya, Opini WTP merupakan hasil komitmen Pemkab terhadap empat hal. Yaitu; laporan keuangan sesuai dengan standar akuntansi pemerintah, pengelolaan keuangan didukung dengan sistem pengendalian internal yang memadai, pengungkapan laporan keuangan yang memadai, serta kepatuhan pada seluruh ketetapan undang-undang.

Meski demikian, Nasir mengaku akan tetap menuntaskan pekerjaan rumah yang masih menjadi ganjalan dalam LHP. Dan mempertahankan prinsip pengelolaan tata pemerintah yang baik, dan pertanggungjawaban kepada masyarakat Polewali Mandar.

“Masih ada PR dari LHP yang harus kita tuntaskan. Tadi disampaikan sejak 2015 sampai 2020 masih catatan-catatan. khususnya terkait temuan aset dan yang lainnya akan kami selesaikan. Kami telah memiliki Tim Penyusun Laporan Keuangan Daerah yang kami andalkan. Sehingga InsyaAllah kita akan bisa tuntaskan ini dalam waktu yang dekat,” ujarnya, Selasa (25/05/2021).

Selain itu Wakil Ketua DPRD Kabupaten Polewali Mandar HJ. Nurbaeti, memberikan apresiasi terhadap kinerja pemerintah Kabupaten Polewali Mandar atas raihan WTP ke 5 kalinya.

“Memperoleh predikat WTP adalah sebuah prestasi yang sangat membanggakan. Terlebih sampai 5 kali secara berturut-turut,” Ujarnya.

Selain dilaksanakan secara daring, kegitan penyerahan LHP juga dilaksanakan secara luring Di aula Bappedalitbang yang dihadiri Seluruh Staf Ahli Bupati. Asisten Administrasi Umum, Inspektur, Kepala Badan Keuangan, serta Kepala Badan Pendapatan.(*)