Kolaborasi DinKes dan Mahasiswa Optimalkan Penyuluhan Kesehatan

Penyuluhan Kesehatan
Penyuluhan Kesehatan yang dilakukan Dinkes Polman dan MAhasiswa di Desa Tonyaman.

Dinas Kesehatan atau DinKes berkolaborasi dengan Mahasiswa KKN IAI DDI Polman mengadakan penyuluhan kesehatan secara optimal untuk masyarakat. Dalam kegiatan itu, mereka juga melaksanakan pemeriksaan kesehatan gratis bagi masyarakat di Desa Tonyaman, Kecamatan Binuang, Polewali Mandar. Senin (15/04/2019).

Kegiatan itu merupakan salah satu program kerja mahasiswa yang melakukan KKN di Desa Tonyaman. Kegiatan yang dilaksanakan mulai pukul 10:00 Wita di Dusun Tanah Takko. Mendapat respon baik dari pihak Pusat Kesehatan Masyarakat dan warga di Desa tersebut.

“kebetulan ada dari mahasiswa KKN bermohon ke Dinas, jadi kita kolaborasikan antara anak KKN dan dari Dinas Kesehatan”. Kata dr Mustaman, Kepala Bidang SDK.

Selain mensukseskan kegiatan dari program mahasiswa KKN tersebut, dr Mustaman juga mengatakan, tujuan dari pelaksanaan kegiatan itu merupakan suatu usaha untuk meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

Kami memang sudah punya program Puskel untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat”. Jelasnya.

Sementara itu dirinya menjelaskan beberapa penyakit yang kerap menyebar khususnya di Sulawesi Barat dan bahkan di luar provinsi seperti penyakit ispa, hipertensi, dan  gastritis.

Selain itu, Dinas Kesehatan juga meluncurkan program Promosi Kesehatan atau biasa disebut Prokes. Hal ini dilakukan guna memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai pentingnya hidup sehat. Sehingga, melalui Prokes tersebut, masyarakat dapat mengenali beberapa penyakit dan mengetahui cara menghindari atau mencegahnya.

“lebih baik kita mencegah dari pada mengobati”. Tutup dr Mustaman.

Kepala UPTD Puskesmas Polewali, M Jabir, juga sangat mengapresiasi kegiatan tersebut, menurutnya kegiatan seprti itu bagus untuk memberikan pemahaman dan pelayanan kepada masyarakat khususnya warga Desa Tonyaman.

Sementara itu, ia menambahkan agar kegiatan seperti ini bisa dilaksanakan kembali guna “memberi pelayanan kesehatan terbaik ke masyarakat yang sudah menjadi tujuan Puskesmas Polewali”. Tambahnya.

Mahasiswa KKN IAI DDI Polman sangat bersyukur dengan terselenggaranya kegiatan penyuluhan kesehatan yang mereka usung sebagai program kerja mereka. Pihaknya sangat berterimakasih atas respon baik dari masyarakat serta dukungan dari pihak Dinas Kesehatan dan Puskesmas Polewali.

“kegiatan ini diselenggarakan dengan bekerja sama dari Dinas Kesehatan Kabupaten dan Puskesmas Kecamatan Polewali”. Tutur M Arasy.

Selain itu M Arasy, menambahkan, respon masyarakat bisa dilihat dari antusias warga Desa Tonyaman yang hadir untuk memeriksakan kesehatan mereka di kegiatan tersebut(15/4).(pattae.com/Iwank)*