Komisi IV DPRD Dorong Universal Health Coverage Bagi Warga Polman

Universal Health Coverage
Rapat Dengar Pendapat Komisi IV DPRD Polman bersama Dinkes Polman dan BPJS Polman terkait Universal Health Coverage

Komisi IV DPRD Kabupaten Polewali Mandar mengupayakan anggaran perubahan untuk tahun 2022 pada pembiayaan Universal Health Coverage (UHC) BPJS Kesehatan bisa segera diserap seluruh warga Polman.

Setelah melakukan Rapat Dengar Pendapat bersama anggota Komisi IV bersama Dinas Kesehatan dan BPJS. Ketua Komisi IV DPRD Polman Rusnaedi Luwu, mengatakan telah menyepakati akan menyurat ke Bupati melalui Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD). Dalam hal penambahan anggaran sebanyak 1,2 Milyar untuk anggaran perubahan tahun 2022 menuju Polman UHC.

“Kami pertemukan Dinas kesehatan Dengan Pihak BPJS untuk membicarakan masyarakat Polewali Mandar yang Belum tercover dalam BPJS Penerima Bantuan Iuran (PBI),” ungkapnya, Selasa (31/5/2022).

Rusnaedi menegaskan, penjaminan kesehatan bagi warga yang kurang mampu telah diatur dalam Instruksi Presiden No. 1 tahun 2022 yang telah diundang-undangkan Sejak 6 Januari 2022.

Bila Bupati atau pemerintah Daerah Polewali Mandar Tidak melaksanakan hal tersebut maka, dianggap telah Melanggar peraturan perundang undangan yang berlaku.

“Sebenarnya program ini sudah diundang-undangkan dari pusat untuk seluruh wilayah menjalankan UHC BPJS Kesehatan. Untuk Provinsi Sulbar sendiri Kabupaten Majene dan Mamuju sudah menjalankan program ini. Ini lah yang menjadi keresahan kami di DPRD mewakili masyarakat Polman mendorong UHC BPJS Kesehatan ke Bupati Polman untuk diindahkan,” tuturnya.

Lanjut, dengan begitu, berjalannya program ini, Polman sudah memenuhi Universal Health Coverage. Artinya, seluruh masyarakat yang ber KTP Polman, kata Rusnaedi, bisa mendapatkan Pelayanan kesehatan secara Gratis.

Politisi dari fraksi Partai Demokrat tersebut juga menambahkan. Jika program UHC betul-betul disahkan di perubahan anggaran 2022 nantinya. Pendaftar PBI BPJS cukup menyertakan salinan KTP, KK ke pihak BPJS untuk terdaftar program UHC BPJS Kesehatan dan langsung segera dinikmati warga Polman.

Rusnaedi yang didampingi Anggota Komisi IV Lukman, menjelaskan, apabila ada warga Polman Sakit dan belum punya kartu BPJS, dapat langsung mengakses pelayanan kesehatan secara gratis hanya dengan menyertakan KTP dan KK.[*]