KPK Gelar Rakor Pencegahan Korupsi Bersama Kepala Daerah se-SulBar

Pencegahan Korupsi
Rapat Koordinasi KPK di Hotel Grand Mutiara Mamuju, Kamis(11/11/2021).

Komisi Pemberantasan Korupsi  (KPK) Republik Indonesia melaksanakan rapat koordinasi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi dengan seluruh Kepala Daerah Se-Provinsi Sulawesi Barat. Pertemuan tersebut berlangsung di Hotel Grand Mutiara Mamuju, Kamis(11/11/2021).

Dalam kegiatan yang diselenggarakan KPK, dihadiri Gubernur Sulawesi Barat Ali Baal Masdar dengan Wakil Ketua KPK RI Lili Pintauli Siregar.

Lili Pantauli Siregar pada pertemuan tersebut menyampaikan, ada 3 (tiga) Area fokus KPK yakni, Pencegahan, Pendidikan dan Penindakan.

Pada pasal 6 huruf (a) Undang – undang no 19 tahun 2019 tentang perubahan ke dua atas Undang – undang no 30 tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana  Korupsi, KPK kata Lili, bertugas melakukan tindakan pencegahan.

Dihadapat para kepala daerah se Sulawesi Barat, Wakil Ketua KPK RI tersebut menyampaikan, harus melakukan penguatan integritas dan pemberantasan korupsi dalam rangka perbaikan tata kelola pemerintah daerah.

Hal itu diperkuat Supervisi dan Pencegahan (Korsupgah) KPK RI Harun Hidayat. Ia mengatakan, jika tata kelola Pemerintahan baik, dapat terwujud apabila ASN Profesional dalam bidang tugasnya, transparan, akuntabel dan berkeadilan serta anti Korupsi. 

Rakor yang berlangsung selam 3 jam, juga diikuti Bupati  Polewali Mandar bersama sekertaris daerah dan inspektur inspektorat Polewali Mandar dan kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Aco Musaddad.

Kehadiran Pemkab Polman pada Rakor yang diselenggarakan KPK RI, sebagai komitmen Pemkab Polman terhadap upaya pencegahan Korupsi.

Bupati AIM (Andi Ibrahim Masdar) usai mengikuti rakor bersama KPK mengaku menyambut baik acara tersebut. Dimana, kegiatan itu menjadi modal dan pembelajaran, sekaligus koordinasi dengan KPK RI dan instansi terkait yang ada di Pemkab Polewali Mandar.

Lebih lanjut AIM menyampaikan telah Mengundang pimpinan KPK RI untuk meluangkan waktunya untuk hadir dan memberikan pencerahan kepada seluruh jajaran di Kabupaten Polewali Mandar, 

“Karna bagaimanapun mencegah jauh lebih baik,” Tutupnya.

Setelah Rapat Koordinasi Komisi Pemberantasan Korupsi wilayah Sulawesi Barat berlangsung. Dilanjut sesi kedua secara streaming di RRI.[*]