KPU Polman : Tahapan Pilkada Serentak Telah Dimulai

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat, launching tahapan Pilkada serentak 2024 didepan gedung gadis Polman, Sabtu Malam (27/4/2024).

Peluncuran Tahapan dan Hari Pemungutan Suara Pilkada Serentak Tahun 2024 itu dihadiri Ketua KPU Provinsi Sulbar Said Usman Uma, Ketua bersama 4 Komisioner KPU Polman, Forkopimda Polman, Bawaslu Polman serta Kepala Desa se Kabupaten Polman.

Ketua KPU Sulbar Said Usman Uma, menerangkan bahwa kegiatan launching tahapan Pilkada 2024 ini bertujuan untuk menyampaikan ke masyarakat jika tahapan Pilkada serentak telah berlangsung.

“Kegiatan malam ini adalah kegiatan launching Pilkada, kegiatan seremonial dalam tahapan memberikan informasi dan sosialisasi kepada masyarakat bahwa pilkada akan segera dimulai,” Terang Said Usman

Lanjut, pihak KPU sudah memulai dengan pembentukan badan Adhoc da tahapan yang dilakukan kedepannya memberikan pelayanan ke calon perseorangan pada 15 Mei mendatang.

“Kita sudah mengumumkan berapa dukungan yang akan diserahkan pada masing masing Kabupaten berdasarkan DPT Pemilu terakhir,” lanjutnya.

Kemudian, kata Said Usman pendaftaran calon kepala daerah dibuka pada Agustus mendatang yang tentunya didukung partai Politik.

“Pendaftaran calon di akhir Agustus, kita sudah membuka pendaftaran calon yang didukung dengan partai politik, akhir September kita sudah punya calon tetap,” jelasnya.

Sementara itu, terkait pendaftaran calon perorangan, pihaknya akan membentuk tim Verifikasi yang bertugas untuk memeriksa dukungan KTP yang di kumpulkan oleh Calon Kepala Daerah.

“Di KPU masing masing akan membentuk tim verifikasi jadi ketika calon kepala daerah memasukkan dukungan KTP kami akan lakukan verifikasi, dukungannya dan KTPnya kami akan periksa, jika ditemukan ada masalah kita akan minta untuk lakukan perbaikan, setelah itu kita akan lakukan verifikasi Faktual, semua dukungan KTP yang masuk kita akan faktualisasi yang melibatkan badan Adhoc,” tuturnya.