Kuliah Gratis dengan KIP Kuliah, Berikut Syarat Pendaftarannya

Kartu KIP untuk Kuliah Gratis
Kartu KIP untuk Kuliah Gratis

Kuliah Gratis | Pemerintah Indonesia melalui kementerian pendidikan dan kebudayaan (Kemendikbud) mencetuskan beasiswa melalui Kartu Indonesia Pintar atau KIP-Kuliah gratis tahun 2020. Kartu tersebut merupakan bantuan biaya pendidikan dari pemerintah bagi lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat yang memiliki potensi akademik namun secara ekonomi tidak mampu.

Keseriusan pemerintah membantu warganya untuk mendapatkan akses pendidikan secara gratis, di implementasi melalui KIP hingga KIP Kuliah. Tahun ini, pemerintah menargetkan penerima Kartu Indonesia Pintar Kuliah sebanyak 818.000 mahasiswa.

KIP Kuliah sendiri terbagi menjadi kelompok yaitu KIP Kuliah dan KIP Kuliah Afirmasi yang mencakup dukungan bagi penyandang disabilitas. Peserta program Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADik) untuk Orang Asli Papua di wilayah Papua dan Papua Barat, wilayah 3T (Terdepan, Terluar, atau Tertinggal), serta wilayah yang terkena dampak bencana alam atau konflik sosial.

Bagi calon mahasiswa yang berasal dari keluarga tidak mampu secara ekonomi dan lulus SMA, SMK, MA/sederajat mulai tahun 2018 hingga tahun ini 2020, silahkan mendaftar diri untuk mendapatkan KIP Kuliah. Pendaftaran dilakukan secara online pada laman http://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/.

Syarat dan Waktu Pendaftaran KIP Kuliah Gratis 2020

Persyaratan pendaftaran Program KIP Kuliah Tahun 2020, dikutip dari laman resmi KIP Kuliah Kemendikbud adalah sebagai berikut:

  • Penerima KIP-Kuliah merupakan siswa lulusan SMA/Sederajat yang dinyatakan lulus pada tahun berjalan atau lulus 2 (dua) tahun sebelumnya.
  • Calon pendaftar memiliki potensi akademik baik tetapi, memiliki keterbatasan ekonomi dengan bukti dokumen yang sah. Keterbatasan ekonomi dibuktikan dengan kepemilikan program bantuan nasional dalam bentuk Kartu Indonesia Pintar atau Kartu Keluarga Sejahtera.

Mengenai mahasiswa yang belum memiliki Kartu Indonesia Pintar, atau orang tua/wali Mahasiswa belum memiliki Kartu Keluarga Sejahtera. Pihak pemerintah tetap memberikan bantuan biaya pendidikan setelah memenuhi persyaratan tidak mampu secara ekonomi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

  • Dinyatakan lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru, di PTN atau PTS pada Program Studi (Prodi) dengan Akreditasi A atau B. Prodi yang mendapat akreditasi C dimungkinkan dengan pertimbangan tertentu.

Bila syarat telah terpenuhi, calon penerima KIP-Kuliah dapat segera mendaftarkan diri sesuai dengan jadwal yang telah di tentukan. Berikut jadwal pendaftaran yang dikutip dari laman resmi KIP Kuliah:

Pendaftaran akun KIP Kuliah dijadwalkan mulai 26 Februari s/d 31 Oktober 2020. Untuk pendaftaran jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), dipersilahkan mengajukan permohonan KIP Kuliah yang dibuka pada tanggal 02 s/d 31 Maret 2020 melalui laman resmi KIP Kuliah.

Sumber: KIP Kuliah

Upacara peringatan Hari Olahraga Nasional di Depan Kantor Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat
Hari Olahraga Nasional, Pemprov Sulbar Helat Porseni se-Sulawesi Barat