Kumpulan Kutipan Inspiratif Tentang Dunia Pendidikan

Kutipan Inspiratif tentang pendidikan
Ilustrasi

Kutipan Inspiratif – Tentang pendidikan, merupakan hal penting dalam kehidupan umat manusia, membukakan jalan masa depan yang cerah, dan membentuk karakter manusia untuk saling memanusiakan.

Karena itu, pada Undang-undang negara Republik Indonesia sendiri, mewajibkan rakyatnya untuk mengenyam pendidikan. Selain itu, juga bertanggung jawab sepenuhnya untuk memberikan pelayanan dengan sebaik-sebaiknya.

Namun, terkadang banyak orang menganggap pendidikan adalah kasta tertinggi yang kemudian dimiliki sekelompok masayarakat tertentu. Selain itu pendidikan juga diubah menjadai formal untuk memisahkan klas-klas masayarakat tertentu.

Gambaran pendidikan seperti itulah yang kemudian dapat merusak tatanan masyarakat untuk saling memanusiakan satu sama lain. Padahal, pendidikan merupak sebuah jembatan menuju masyarakat yang adil dan memanusiakan manusia.

Nah, untuk lebih menambah rasa kepedulian kita kepada sesama, berikut beberapa quotes/kutipan inspiratif tentang pendidikan. Yang mungkin, dapat memperdalam dan memotivasi kita untuk menghargai pendidikan dan pengatahuan yang kita miliki untuk kepentingan umat manusia.

14 Kutipan Inspiratif Tentang Pendidikan

Berikut ini kutipan inspiratif tentang pendidikan dari berbagai tokoh. Baik dari dalam negeri maupun luar negeri yang mungkin dapat memberikan warna baru bagi kita memandang pendidikan.

“Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah.” Pramoedya Ananta Toer

“Semakin tinggi sekolah bukan berarti semakin menghabiskan makanan orang lain. Harus semakin mengenal batas..” Pramoedya Ananta Toer-Bumi Manusia

“Kalian boleh maju dalam pelajaran, mungkin mencapai deretan gelar kesarjanaan apa saja. Tapi tanpa mencintai sastra, kalian tinggal hanya hewan yang pandai.” Pramoedya Ananta Toer

Seorang terpelajar harus sudah berbuat adil sejak dalam pikiran apalagi dalam perbuatan.” Pramoedya Ananta Toer

“Kau akan berhasil dalam setiap pelajaran, dan kau harus percaya akan berhasil, dan berhasillah kau; anggap semua pelajaran mudah, dan semua akan jadi mudah; jangan takut pada pelajaran apa pun, karena ketakutan itu sendiri kebodohan awal yang akan membodohkan semua.” Pramoedya Ananta Toer.

“Tujuan pendidikan adalah untuk mempertajam kecerdasan, mengukuhkan kemauan dan memperhalus perasaan”. Tan Malaka.

“Ibuku berkata bahwa aku tidak boleh mengabaikan kebodohan tapi mengerti mengenai buta huruf. Bahwa banyak orang yang tidak bisa bersekolah justru malah lebih terdidik dan lebih cerdas dari professor di universitas”Maya Angelou.

“Bahwa maksud pendidikan anak kuli terutama, ialah mempertajam kecerdasan dan memperkokoh kemauan serta memperhalus perasaan si murid”. Tan Malaka, Dari Penjara Ke Penjara.

“Bila kaum muda yang telah belajar di sekolah dan menganggap dirinya terlalu tinggi dan pintar untuk melebur dengan masyarakat yang bekerja dengan cangkul dan hanya memiliki cita-cita yang sederhana, maka lebih baik pendidikan itu tidak diberikan sama sekali”. Tan Malaka, Dari Penjara Ke Penjara.

“Karena pendidikan semestinya tidak hanya memupuk ilmu pengetahuan, tetapi juga menuntun keberpihakan kita terhadap kaum lemah, membuka mata kita terhadap ketidakadilan, dan mengajarkan kita bagaimana cara berlawan semulia-mulianya”Herdiansyah Hamzah, #Hardikanas 2 Mei 2019.

“Didiklah anakmu sesuai dengan jamannya, Karena mereka hidup bukan di jamanmu”. Ali Bin Abi Thalib.

Guru biasa hanya memberimu ilmu. Guru hebat membuatmu mengerti. Guru yang sangat hebat, menunjukkanmu cara mengamalkannya”. Hichki.

Kau pribumi terpelajar! Kalu mereka itu, Pribumi itu tidak terpelajar, kau harus bikin mereka jadi terpelajar. Kau harus, harus, harus, harus bicara pada mereka, dengan bahasa yang mereka tahu,”. Pramudya ananta toer-Bumi Manusia

Jika kamu mendidik seorang pria, maka seorang pria akan terdidik. Tapi jika kamu mendidik seorang wanita, sebuah generasi akan terdidik” Brigham Young.

Itulah kumpulan kutipan inspiratif tentang pendidikan dari berbagai tokoh yang patut dijadikan pegangan hidup. Ingat bahwa pendidikan merupakan suatu hal yang perlu diperjuangkan demi kebaikanmu sendiri dan orang lain.[*]