Loket Pelayanan BPJS Kesehatan Tersedia di RSUD Hajja Andi Depu

Loket Pelayanan BPJS
Loket sistem informasi Pelayanan BPJS Kesehatan sudah ada di RSUD Hajja Andi Depu

Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Loket pelayanan informasi BPJS Kesehatan di RSUD Hajja Andi Depu Kabupaten Polewali Mandar (Polman) di resmikan.

Persemian inovasi baru dari BPJS Kesehatan Cabang Polman itu berlangsung di RSUD Hajja Andi Depu Kabupaten Polewali Mandar (Polman), Jumat (29/9/2023).

Direktur RSUD Andi Depu Polman, dr Anita Umar menyambut baik adanya inovasi ini karena banyak keluarga pasien yang antri menuggu lantaran kurangnya inovasi digital.

“Kita siapkan loket untuk rawat jalan dan rawat inap, layanan ini untuk mempermudah masyarakat,” ujar dr Anita Umar.

Ia menambahkan adanya layanan antrian online, pasien dapat mengatur janji temu dengan dokter spesialis untuk mengefisienkan waktu berobat dan lebih cepat.

Selain itu, terdapat layanan dan aduan, pasien dapat mengadukan saran, pesan dan kesannya.

“Itu juga kita butuhkan agar dapat mengetahui permintaan pasien dalam pelayanan,” ungkapnya.

Kepala cabang BPJS Kesehatan Polman, Diah Eka Rini mengatakan, inovasi ini dirancang memaksimalkan pemberian informasi dan pengaduan peserta di rumah sakit.

“Salah satu wujud nyata dari upaya transformasi mutu layanan, kita resmikan inovasi ini,” terang Diah Eka Rini kepada wartawan.

Petugas rumah sakit sebagai penanggung jawab pelayanan tersebut, akan memberikan informasi dan menangani pengaduan peserta JKN.

Selanjutnya, petugas akan mencatat pada aplikasi Saluran Informasi dan Penanganan Pengaduan (SIPP).

Diah menyebut, petugas rumah sakit juga dapat bekerja sama dengan petugas BPJS yang siap membantu.

“Hal ini di lakukan demi memastikan peserta menerima pelayanan yang terbaik. Waktu pelayanan di loket ini di sesuaikan dengan jam pelayanan rawat jalan di rumah sakit,” lanjutnya.

BPJS Kesehatan Polman mencatat total peserta JKN terdaftar sudah mencapai 824.711 jiwa. Untuk itu kebutuhan akan adanya inovasi terbaru melalui Loket Pelayanan Informasi BPJS Kesehatan dan Portal Quick Response.[*]