Lolos Program Pertukaran Mahasiswa, 13 Mahasiswa Unasman ke UGM

program Pertukaran Mahasiswa
Wakil Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Fatimah saat di mintai keterangan

Setelah dinyatakan lolos persyaratan, 13 mahasiswa Universitas Al Asyariah Mandar (Unasman) berangkat ke Universitas Gadjah Mada (UGM) mengikuti program Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2021.

Wakil Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unasman Fatimah, menyebutkan, dari 13 mahasiswanya yang lolos seleksi tersebut, semuanya dari Program Studi (Prodi) Matematika.

Mereka akan mengikuti program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) di Jurusan Matematika FMIPA UGM Khususnya mata Kuliah Aljabar Linear Elementer.

“Beberapa Mahasiswa diseleksi yang kami anggap mampu mengikuti program tersebut,” Ujar Fatimah saat ditemui di Auditorium Sahabuddin, Sabtu (14/8/2021).

Lanjut Fatimah menyebutkan, mereka (mahasiswa) akan mengikuti perkuliahan selama satu semester,  mulai 16 Agustus hingga 17 Desember 2021.

Dengan lolosnya 13 mahasiswa Prodi Matematika Unasman, Fatimah berharap ada mahasiswa dari Prodi lain ikut dalam program Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) tersebut.

“13 Mahasiswa yang ikut pertukaran, mampu memberikan aura positif kepada mahasiswa lain. Memberikan motivasi dengan budaya-budaya belajar baru,” ungkapnya.

Sementara itu, Rektor Unasman, Chuduriah Sahabuddin merasa bersyukur atas lolosnya mahasiswa Unasman mengikuti program PPM di salah satu kampus ternama di Indonesia.

“Alhamdulillah sekitar 13 Mahasiswa kami yang khususnya dari FKIP Prodi Matematika yah yang siap mengikuti program Belajar Merdeka,” ucap Chuduriah.

Syarat Ikut Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka

Dirilis dari Kompas.com, Ketua Subpokja Pertukaran Mahasiswa Merdeka, Andi Ilham memaparkan jika mahasiswa ingin merasakan pengalaman kuliah selama satu semester di kampus lain dengan suasana yang berbeda. Silah memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan.

Setidaknya, ada 6 item persyaratan untuk ikut dalam program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Kemendikbud Ristek, yaitu sebagai berikut:

1. Mahasiswa S1 non-vokasi, aktif pada semester 3, 5, dan 7 dari PTN maupun PTS di seluruh tanah air.

2. Memiliki IPK minimal 2,75 atau memiliki pengalaman prestasi non-akademik tingkat daerah/nasional/ internasional (dibuktikan dengan dokumen yang sah).

3. Memiliki kemampuan dan peluang untuk mengembangkan penalaran, wawasan, serta berintegritas, kreatif dan inovatif.

4. Tidak pernah dikenakan sanksi akademik dan non-akademik pada perguruan tinggi pengirim.

5. Bersedia menaati seluruh ketentuan tertulis pada buku POB (Pedoman Operasional Baku) Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka.

6. Mendapatkan rekomendasi dari PT asal dan izin orang tua/wali.