Madu Trigona Tappina di Tengah Hutan Mangrove Nan Rimbun

Madu Trigona di Tappina
Warga Tappina kembangkan usaha madu trigona di wilayah pohon mangrove

Perjalanan aku kali ini, tepat hari Minggu 22 Maret 2021, memantik rasa penasaran dibenak, terkait dengan madu trigona, madu jenis ini terbilang baru aku ketahui, itu pun pada saat menikmati seduhan kopi, bersama kawan-kawanku, di salah satu cafe.

Awal informasi kuteguk, jika budidaya madu trigona, terdapat di hutan mangrove, Dusun Tappina, Desa Mirring, Kecamatan Binuang, Kabupaten Polewali Mandar, Provinsi Sulawesi Barat.

Biasanya aku mendengar, nama jenis madu lebah hutan, bahkan menikmati langsung madu lebah hutan sudah sering. Lain halnya madu trigona ini betul-betul asing di mataku.

Setelah menempuh perjalanan berkilo-kilo dengan mengendarai sepeda motor, tibalah aku di kediaman, ketua kelompok tani HKM Buttu Puang. Bapak Muhiddin selaku leader di kelompok tani ini, begitu bersahabat menyambut, bercerita tentang awal pertama, menggerakkan kerja-kerja lingkungan, hingga terbentuk kelompok tani, beranggotakan 70 orang sampai saat ini.

“Budidaya madu trigona ini sudah lama, sejak 1 tahun 1/2 bulan, yah, awalnya kami budidaya madu lebah hutan, ternyata madu trigona lebih mahal, dengan perbandingan harga jauh, keuntungannya lebih 10 kali lipat.” ungkap Muhiddin selaku ketua kelompok tani HKM Buttu Puang.

“Ide ini muncul dari hasil hutan non kayu, gagasan awal potensi budidaya madu trigona, dari Dinas Kehutanan Kabupaten Polman. Ada pun omset yang didapatkan masing-masing dikelola perorangan, meskipun atas nama kelompok. Namun tetap ada aturan 10% hasil penjualan, masuk ke kelompok tani sebagai dana swadaya kelompok.” tambah Muhiddin.

“Pemasaran madu trigona ini, mulai dari pasar lokal, hingga dikirim ke Jakarta, Surabaya, sesuai pesanan. Kami pun salurkan lewat Direktorat Jenderal Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan (PSKL) Jakarta. Jujur, kendala kami adalah faktor pemasaran tidak merata. Kadang lancar, kadang tidak ada pesanan. Seperti saat ini sudah ada 100 kotak lagi stok madu trigona kami yang tinggal, intinya kami butuh pasar.” tutup Muhiddin.

Harga madu trigona ini harganya Rp 50.000 ukuran 140 ML. Adapun khasiat madu trigona, diantaranya dapat menjaga dan meningkatkan kesehatan jantung. Sehingga fungsi jantung juga dapat meningkat dalam memompa darah, ke seluruh tubuh yang mana bisa mencegah gangguan kesehatan, dan banyak lagi khasiat lainnya.

Rasa penasaran pun semakin membuncah, tak tanggung-tanggung, setelah meminta ijin, aku dan kedua kawanku pun beranjak, matahari semakin meninggi, aku menikmati hutan mangrove, teduh nan rimbun, kunikmati sambil menyaksikan dari dekat kotak yang terbuat dari kayu, menempel ditubuh mangrove, rasa penasaranku akhirnya terobati. Itulah media pembudidayaan madu trigona.

Setelah kembali aku bertanya kotak itu apa namanya yah?. Bapak Muhiddinpun menjelaskan dengan terang, jika itu adalah rancang bangun stup lebah trigona. Dibuat menggunakan kayu hutan, yang berserat halus, berbentuk kotak sehingga disebut stup sistem kotak.

Rasa puas pun kuteguk, weekend di hutan mangrove sambil meneguk pengetahuan, tentang proses pembudidayaan madu trigona, memberi sentuhan kebahagiaan tersendiri. Harapan pun kulangitkan, ditengah rimbunan pohon mangrove, menjadi saksi ikhtiar keren, sosok bapak Muhiddin dan kawan kelompok taninya.

Di tengah geliat pandemi Corona, imbas perputaran ekonomi tentu menurun. Satu harapan semoga Kelompok Tani HKM Buttu Puang, senantiasa berinovasi mengelola hasil-hasil potensi hutan.

Aku pun menyadari masa-masa sulit seperti ini, tak mudah bagi Bapak Muhiddin dan kawan-kawannya. Rona semangat terpancar, bola mata lelaki berusia 63 itu, memberikanku sugesti positif, untuk terus produktif bergerak.

Ditengah terpaan pergulatan ekonomi yang tak menentu. Yah anak muda harusnya lebih semangat, melihat peluang dan bergerak atas sajian alam, tak hentinya menyediakan bahan baku, untuk kehidupan.

Seiring langka kaki berderap-derap kembali pulang, hati menaruh kagum, Kelompok Tani ini terbilang inspiratif sebab tidak hanya madu trigona yang berhasil. Namun ada gula semut, dan hasil-hasil produksi kelompoknya yang keren.

Ayo yang ingin langsung memesan madu trigona, langsung saja kontak nomor handphone 085342043869, atas nama Bapak Muhiddin, selaku ketua Kelompok Tani HKM Buttu Puang.