Mahasiswa Agribisnis Unasman Praktek Lapangan di UPTD Agro Techno Park

Praktek Lapangan di UPTD Agro Techno
Mahasiswa Pertanian Unasman lakukan Praktek Lapangan di UPTD Agro Techno

35 Mahasiswa semester II dari Program Studi Agribisnis Fakultas Ilmu Pertanian Unasman mengikuti Praktek Lapangan di UPTD Agro Techno Park (ATP) Desa Nepo Kecamatan Wonomulyo, Kamis (1/7/2021).

Praktek lapangan mahasiswa Pertanian Unasman tersebut, dalam rangka menerapkan Mata Kuliah Dasar-Dasar Agronomi yang mereka program, dibawa dosen pengampu Harli A. Karim.

Harli, yang ikut mendampingi mahasiswanya mengatakan, tujuan lain dilaksanakannya praktek lapangan tersebut, yaitu memperkenalkan lebih dini keadaan pertanaman di lapangan kepada para mahasiswa.

Adanya Praktek Lapangan di UPTD Agro Techno Park, Mahasiswa diharapkan lebih akrab dengan dunia pertanian sejak awal. Sehingga mereka (mahasiswa), dapat mendiskusikan permasalahan umum pertanaman padi dan mampu memberi solusi atas permasalahannya.

Sesampai di lokasi, para mahasiswa pun disambut langsung Kepala UPTD Agro Techno Park, Nur Anida. Untuk melakukan peninjauan pertanaman Padi di kompleks UPTD ATP milik Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbangren) Kabupaten Polewali Mandar itu.

Kerja sama UPTD Agro Tecnho Park dengan Unasman menurut Harli, telah berlangsung sejak lama.  Bahkan, keduanya telah melaksanakan penelitian bersama tentang uji sistem tanam yang terbaik sesuai dengan ekosistem Polewali Mandar.

Para mahasiswa pertanian Unasman yang melaksanakan praktek lapangan, melakukan wawancara dan pengamatan langsung terkait pertanaman Padi. Hasil wawancara tersebut lalu mereka bandingkan dengan teori yang mereka peroleh di bangku kuliah.(*)