Mahasiswa Keperawatan Poltekkes Mamuju Raih Prestasi pada Ajang National Disaster & Emergency Festival 2022 di Unhas

Poltekkes Mamuju
Mahasiswa Poltekkes Mamuju

Mahasiswa Jurusan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Mamuju, berhasil mencatatkan prestasi membanggakan pada ajang Kegiatan “National Disaster & Emergency  Festival 2022, yang di selenggarakan SIAGA NERS UNHAS Makassar. Minggu, (25/9/2022).

Mulai mendaftarkan diri pada tanggal 20 September 2022, mahasiswa Poltekkes Mamuju mulai mengikuti babak kualifikasi secara daring. Setelah dinyatakan lolos kualifikasi, mereka pun melaju ke babak berikutnya secara luring di kampus Unhas.

Tim Keperawatan Polkesmaju sendiri mengirim sebanyak 12 Mahasiswa nya ke ajang tersebut, di dampingi 2 orang dosen pembimbing. Mereka mengikuti dua kategori/jenis lomba yang berbeda yaitu lomba Bantuan Hidup Dasar (BHD), Transportasi dan Bebat Bidai.

Masing-masing kategori lomba yang di ikuti tersebut, mahasiswa Poltekkes Mamuju berhasil prestasi menjadi juara pertama l lomba BHD dan Juara 3 lomba Transportasi dan Bebat Bidai.

Menurut, Rahmania peserta lomba yang juga Ketua HMJ-Keperawatan Polkesmaju, mengatakan bahwa kegiatan ini adalah bentuk implementasi soft skill kami, apa yang diajarkan oleh dosen-dosen kami ternyata besar manfaatnya, termasuk dapat dan mampu mempraktekkannya pada ajang lomba ini.

Salah satu dosen pembimbing, Iqra S.Kep.,Ns.M.Kep yang juga secara langsung turut mendampingi mahasiswa selama ajang lomba berlangsung, mengungkapkan bahwa prestasi yang diraih mahasiswa kami ini adalah buah kerja keras mereka, kekompakan tim dan latihan intens menjadi kunci mereka bisa juara.

Hal terpenting menurut lanjut beliau, dukungan berbagai pihak dan ketersediaan penunjang IT kampus kami, Puji Syukur Alhamdulillah, kami dapat lolos tahapan kualifikasi proses lomba yang dilakukan secara daring di awal dan kami dapat melewatinya dengan baik sehingga mampu ketahapan berikutnya dan menjadi juara.

Senada yang disampaikan, ditempat yang sama salah satu dosen pendamping lainnya Syafruddin, AS.,S.ST.,M.Tr.Kep, mengaku menyeleksi ketat mahasiswanya yang mau dan bersedia mengikuti ajang lomba. Memberikan pendampingan saat latihan, serta membimbing selama berlatih.

“Apa yang kami intruksikan kepada mahasiswa kami, betul-betul mereka mau dan bisa mengikuti bahkan dengan penuh semangat, berlatih berulang-ulang untuk bisa lolos dalam ajang ini,” ungkapnya.

Pak Udin, sapaan akrab dosen yang dikenal dekat dengan mahasiswa Jurusan Keperawatan Poltekkes Mamuju ini,  berharap, apa yang diraih mahasiswa kami Jurusan Keperawatan, tidak berhenti sampai disini, dan ini patut menjadi inspirasi dan memotivasi mahasiswa Jurusan Keperawatan khususnya bagi adik-adik mereka untuk mau mengikuti ajang lomba lainnya. [Andi Nasir]*