Mahasiswa KKN UNM Sosialisasi Pertanian ke Masyarakat Pappandangan

Sosialisasi Pertanian
kegiatan Sosialisasi Pertanian dan perkebunan di Desa Pappandangan

Kegiatan Sosialisasi Pertanian dan perkebunan yang dilaksanakan KKN Reguler UNM angkatan 45 2021 di kantor Desa Pappandangan Kecamatan Anreapi, Jumat (12/10/2021).

Koordinator Desa (Kordes) KKN Reguler UNM angkatan 45 2021 Desa Pappandangan Ade Muharram mengatakan, sebelum kegiatan dengan tema “Inovasi pembangunan pertanian dan perkebunan berbasis teknologi dan sumber daya lokal menuju kesejahteraan dan kemandirian masyarakat desa” dilakukan, Observasi.

Dari hasil observasi yang mereka lakukan menyimpulkan mayoritas masyarakat di desa Pappandangan berprofesi sebagai petani kakao sebagai mata pencaharian masyarakat setempat.

Selain itu, juga terdapat beberapa kelompok tani dengan kurang lebih 1.000 hektar lahan pertanian Kakao di Desa Pappandangan.

Dan juga wawasan petani mengenai pertanian juga masih minim sehingga kami sangat berantusias untuk melakukan kegiatan ini untuk membantu masyarakat dalam hal pola pikir petani

“Makanya itu lah alasan kami mengapa melaksanakan sosialisasi pertanian dan perkebunan terhadap masyarakat Pappandangan. Khususnya Kelompok Tani” terang Ade Mahasiswa jurusan Administrasi bisnis UNM.

Kegiatan Sosialisasi Pertanian dan Perkebunan KKN UNM

Kepala Desa Pappandangan H. Makmur dalam sambutannya mewakili masyarakat Pappandangan merasa bahagia dengan adanya kegiatan tersebut. Menurutnya, hal itu menambah wawasan Masyarakat khususnya kelompok tani di Desa Pappandangan.

Pada kegiatan sosialisasi tersebut, mahasiswa KKN mengundang pemateri yang kompeten pada bidang pertanian dan perkebunan. Seperti H. Mulyadi A. Syah, selaku konsultan Pupuk Cam Plus, Bibit Kopi Robusta unggul, dan juga beliau adalah kolektor wilayah Sulbar PT. Mars pembelian coklat segar/basah.

Selain itu ada juga Muh. Asri Aziz, S.P, pemateri kedua yang merupakan founder Timur Mushroom farm (Jamur Tiram Polman) sekaligus sebagai Duta Petani Millenial Kementerian Pertanian RI 2021.[*]