Mahasiswa-Pemuda Kunyi Adakan LDK dan Baksos Berkonsep Camping di Area Wisata

Pamflet Kegiatan LDK Mahasiswa KKN IAI DDI dan pemuda Desa Kunyi
Pamflet Kegiatan LDK Mahasiswa KKN IAI DDI dan pemuda Desa Kunyi

Mahasiswa KKN Terpadu IAI DDI Polewali Mandar berkelaborasi dengan Forum Pemuda Desa Kunyi (FPDK) melaksanakan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) dan Baksos Wisata Indo Rannuang untuk para pemuda Desa Kunyi. Kegiatan tersebut dimulai 28 Februari s/d 01 Maret 2020 di Kantor Desa Kunyi.  

Kegiatan LDK dan Baksos yang bertema “sinergitas membangun menset generasi merawat cinta dan alam” itu, dibuka langsung kepala Desa Kunyi Anri, dan dihadiri oleh ketua BPD dan beberapa Kepala Dusun (28/02).

Selaku Kepala Desa Anri, ia mengaku sangat merespon dan mendukung kegiatan yang dilaksanakan Mahasiswa KKN Terpadu IAI DDI Polewali Mandar dan Forum Pemuda Desa Kunyi (FPDK). Dengan adanya kegiatan tersebut, Kades Kunyi berharap bisa melahirkan generasi-generasi Desa Kunyi.

Chaerul Ahmad (27) selaku ketua FPDK mengatakan, kegiatan LDK merupakan kali pertama dilaksanakan di Desa Kunyi dan berharap kegiatan tersebut dapat berkelanjutan.

“LDK yang dilakukan pertama kali dan Baksos-nya sudah dua kali tapi, bedanya disini, kami ber-kolaborasi dengan Mahasiswa KKN Terpadu (dari Kampus) IAI DDI Polewali Mandar”. Ungkap pemuda yang biasa disapa Chakai kepada wartawan Pattae.com.  

“Terus terang kami sangat bersyukur dengan adanya kegiatan ini. Dan, semoga kegiatan ini akan menjadi kegiatan rutin yang berkesinambungan begitu (yang) tidak hanya disini tapi, berkelana kedepannya”. Lanjut  ketua FPDK yang diketahui telah  4 tahun memimpin.

“Jelas output-nya, ada di kami pemuda yang mungkin secara ilmu pengetahuan itu akan bertambah, dan wawasan generasi juga bertambah. Jadi, ini bisa meningkatkan Sumber Daya Manusia di Desa Kunyi ini dengan sadar akan pentingnya persatuan dan kesatuan, serta pentingnya bijak memperlakukan alam”. Tutupnya

Salah satu Mahasiswa IAI DDI Polman Dahlia (37), yang sedang menjalankan program KKN Terpadu berharap, semoga mahasiswa KKN selanjutnya yang mengabdi di Desa Kunyi mengedepankan kegiatan LDK untuk melahirkan seorang pemimpin yang bijak.

melihat respon masyarakat yang welcome menjadi dorongan bagi Mahasiswa KKN Terpadu IAI DDI Polewali Mandar ber-kolaborasi dengan Forum Pemuda Desa Kunyi (FPDK).

Materi LDK dan Baksos Berkonsep Camping

Pembukaan LDK dan Baksos Mahasiswa KKN IAI DDI dan FPDK

Pada kegiatan LDK, diisi dengan beberapa materi, seperti tentang Kepemimpinan, Perempuan, Keorganisasian, dan Materi Lingkungan.

Kegiatan LDK dan Baksos yang berlangsung selama tiga hari itu, berlangsung  di dua tempat, yaitu Kantor Desa dan Lokasi objek wisata Indo Rannuang dengan konsep Camping. Pada kegiatan Baksos difokuskan di area wisata Indo Rannuang. Hal itu dikarenakan banyaknya pengunjung yang datang dan membuang sampah sembarang.

Banyaknya pengunjung yang membuang sampah sembarangan di area wisata tersebut, panitia dan peserta berencana akan memasang papan informasi untuk tidak membuang sampah di area Wisata

Panitia dan peserta juga mengajak para wisatawan untuk menjaga dan melestarikan alam wisata Indo Rannuang dari orang-orang yang merusak dan membuang sampah sembarangan.[pattae.com/Sulfa]*

Kopi Kaleok, Potensi Unggulan Daerah Polewali Mandar