Mahasiswa Stikes Biges Melaksanakan Pembinaan Masyarakat Lansia

Pembinaan Keluarga Lansia yang diselenggarakan mahasiswa Stikes Biges Polewali Mandar
Pembinaan Keluarga Lansia yang diselenggarakan mahasiswa Stikes Biges Polewali Mandar

Mahasiswa Stikes Biges sukses melaksanakan Pembinaan kelompok BKL (Bina keluarga lansia) di Kantor Desa Kunyi, Kecamatan Anreapi, Polewali mandar, Sulawesi Barat, Jumat 26/04/2019.

Bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan bagi keluarga lansia melalui kepedulian. Kegiatan tersebut menekankan tentang peran serta keluarga dalam menjaga dan mendampingi keluarganya yang sudah lansia.

Kegiatan yang berbentuk seminar tersebut dihadiri Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sulawesi Barat.

Selain itu juga hadir Pemerintah Desa Kunyi, dan Kelompok BKL yang beranggotakan 26 orang lansia.

Walpaidin dari BKKBN mengatakan, kegiatan yang baru saja dilaksanakan ini, merupakan upaya untuk membentuk kelompok Bina keluarga lansia atau BKL. Jadi, lanjutnya, BKKBN memajukan keluarga yang bahagia dan sejahtera.

Pada kesempatannya, Walpaidin juga mengungkapkan, membina kelompok BKL ini bukan hanya mendatangkan lansia. Akan tetapi juga bagi keluarga untuk menjaga dan merawat orang tua mereka yang sudah lansia.   

“Sebagaimana tugas sebagai BKKBN, misinya untuk memajukan keluarga yang kecil bahagia dan sejahtera. Salah satunya itu melalui pembinaan kelompok baik itu balita, remaja dan lansia”. Tuturnya

Kepala Desa Kunyi, Andri, yang juga ikut serta, hadir dalam kegiatan itu menegaskan, lansia jaman sekarang, berbeda-beda karakternya. Sehingga dibutuhkan peran aktif keluarga tuk merawat keluarganya yang sudah lansia.

“Kenapa keluarga lansia di hadirkan, supaya di berikan pembekalan bagaimana menangani lansia yang sebenarnya. Karena lansia di saat sekarang ini, beda karakter”. Tuturnya

“Sehingga, dituntut pagi keluarga terdekatnya artinya diwajibkan itu anaknya yang merawat orang tuanya sendiri”. Tegas Anri, saat diwawancarai.

Kegiatan pembinaan ini, Mahasiswa Stikes Biges Polewali Mandar yang bekerja sama dengan BKKBN Sulawesi Barat, diharapkan mampu mengembangkan ketahanan keluarga. Terkhusus bagi masyarakat yang memiliki keluarga yang sudah lansia.

“Diharapkan kedepannya terbentuk kelompok BkL Bukan asal terbentuk tapi mereka bisa lebih memperhatikan lansia keluarga” Harap Patimah, Ketahanan Keluarga BKKBN Sulbar

“Dengan adanya kegiatan ini, mereka bisa memberikan pendampingan  pada masyarakat (yang lansia) tuk membentuk kelompok BKL sehingga bisa lebih baik” Tutupnya. (pattae.com)*

Camat Binuang: Kaleok Ibarat Berlian Dalam Lumpur