Maklumat Kapolri untuk Mematuhi Protkes di Perayaan Natal-Tahun Baru

Maklumat Kapolri
Kapolri Jenderal Pol Idham Azis. Foto: Ricardo-jpnn.com

Maklumat Kapolri Jenderal Pol Idham Azis, Nomor Mak/4/XII/2020 tentang Kepatuhan Terhadap Protokol Kesehatan Dalam Pelaksanaan Libur Natal Tahun 2020 dan Tahun Baru  2021, Rabu (23/12/2020).

Kapolres Polewali Mandar AKBP Ardi Sutriono saat dikonfirmasi via WhatsApp membenarkan maklumat tersebut, yang berisi himbauan untuk tidak melakukan kegiatan yang mengundang kerumunan pada perayaan Natal dan Tahun Baru 2021.

“Memang benar ada maklumat kapolri tentang pelarangan konvoi perayaan,pesta kembang api yang berpotensi terdapat pelanggaran Protkes (Protokol Kesehatan),” kata Kepala kepolisian Resor (Polres) Polewali Mandar, Kamis (24/12)

Pada maklumat Kapolri itu, juga berisi poin kegiatan yang dihimbau kepada masyarakat, untuk tidak dilakukan, yaitu; Pertama, perayaan Natal dan kegiatan keagamaan di rumah ibada. Kedua, Pesta pergantian tahun baru. Ketiga arak-arakan/pawai atau karnaval. Keempat pesta penyalaan kembang api juga tidak diperbolehkan.

Melalui Maklumat Kapolri tersebut, Kapolres Polman mengatakan, tindakan yang di akan dilakukan pihak kepolisian khususnya di Polewali Mandar adalah dengan memberikan himbauan. Apabila di lapangan terdapat pelanggaran atas maklumat tersebut, Kapolres AKBP Ardi Sutriono akan melakukan tindakan hukum.

“Tindakan kita hibauan, membubarkan dan upaya hukum,” tegasnya

Dalam poin maklumat tersebut, tidak disebutkan untuk jenis kegiatan berwisata pada perayaan natal dan tahun baru. Meski demikian, Kapolres Polman menekankan untuk tidak melakukan liburan ke tempat wisata yang melanggar Protokol Kesehatan.

“Berwisata tidak di perbolehkan sepanjang wisata tersebut melangar prokes,” katanya

Lebih lanjut AKBP Ardi, menghimbau kepada warga Polman, agar kegiatan perayaan tahun baru,  dilakukan di di rumah saja. Dengan berdoa semoga di tahun 2021 di jauhkan dari Covid-19.

Kontributor: Sulfa Raeni*