Manfaat Kentut Bagi Dunia Kesehatan

manfaat kentut bagi kesehatan
gambar ilustrasi menahan kentut

Anda tentu pernah buang angin atau kentut, ya~ kan..? tak perlu sungkan tuk mengakui atau malu-malu buang angin, karena hal itu aktivitas yang wajar dan manfaat kentut itu ternyata baik untuk kesehatan.

Kentut merupakan reaksi ilmiah dengan mengeluarkan gas darah ke usus dan hasil reaksi kimia antara makanan dan bakteri dalam usus. Kentut mengandung 59% nitrogen, 21% hidrogen, 9% karbon dioksida, 7% metana, dan 4% oksigen.

Manfaat Kentut untuk Kesehatan

Kentut bernama ilmiah flatulensi ini memiliki bau khas bersumber dari reaksi kimia metana dan sulfur. Hal ini dipengaruhi dari makanan yang kita konsumsi. Selain memiliki aroma busuk, kentut ternyata banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

doktersehat.com, merangkum beberapa manfaat kentut untuk kesehatan tubuh. Berikut ulasannya.

Dapat mengatasi perut kembung.

Perut kembung dapat terjadi karena saluran udara dalam sistem pencernaan tersumbat sehingga mengakibatkan sistem pencernaan terganggu.

Hal ini jika dibiarkan terus menerus terjadi, perut kembung dapat mengakibatkan perut kita begah hingga mengalami stroke.

Kentut berperan dengan sangat baik pada kasus ini. Dimana, udara yang tersumbat tadi, dapat keluar dan penumpukan udara dalam perut pun dapat teratasi.  

Dapat menghilangkan nyeri pada perut.

Nyeri pada perut akan hilang setelah kita berhasil kentut. Untuk itu, jika terjadi nyeri pada perut anda. Usahakan untuk menegeluarkan kentut dengan cara menekan-nekan perut hingga kentut keluar dengan sendirinya.  

Dapat penyeimbang diet.

Manfaat kentut pada kondisi ini sebagai alarm (pengingat), saat anda melakukan diet tanpa kontrol yang baik. Nah, dengan bantuan kentut kita bisa mengontrol asupan makanan agar diet kita tetapa terjaga

Bau kentut yang “busuk” menjadi kode keras, anda banyak mengkonsumsi daging sehingga program diet anda menjadi terhambat.

Menjaga kesehatan usus.

Menjaga usus hal penting bagi kesehatan. Kentut, menjadi salah satu solusi jitu untuk itu. Jadi, kentut anda janganlah ditahan-tahan dengan alasan malu. Keluarkan saja agar suasan jadi plong dan usus kita dapat terjaga kesehatannya.

Mendeteksi penyakit.

Menghasilkan kentut  berbau busuk dengan frekuensi kentut tidak seperti biasanya atau dalam sehari tak pernah menghasilkan kentut. Itu penanda kesehatan anda bermasalah. Dengan demikian, segeralah periksa kedokter tentang sumber penyakit tersebut.

Menjaga stroke dan fungsi hati.

Jika anda menghasilkan kentut yang bau, jangan menutup hidung tuk menghindari baunya. Nikmati dan hirup baunya dengan penuh penghayatan karena itu bukan hal yang sia-sia.

Medicinal Chemistry Communications merilis hasil peneliti dari University of ExeterInggris, yang mengungkap bau yang dihasilkan dari aktivitas kentut ternyata bisa meminimalisir risiko penyakit stroke, fungsi hati,

Demikian ulasan manfaat kentut bagi dunia kesehatan. Selain beberapa manfaat diatas, kentut juga membuat kita merasa lega setelah buang angin. Jadi, hindari menahan kentut lama-lam, hehehe. Sekian..!(pattae.com)

Daur Ulang Sampah Plastik Menjadi Busana yang Menarik