Manfaat Lempuyang untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Lempuyang bagi kesehatan tubuh
Photo Tanaman Lempuyang yang mengandung banyak manfaat bagi kesehatan tubuh

Manfaat Lempuyang amatlah banyak, tanaman ini merupakan jenis rempah-rempah yang menyerupai tanaman jahe, dan kunyit. Tanaman ini mempunyai nama ilmiah Zingiber Zerumbet L.

Di daerah Pattae, Polewali Mandar tanaman ini bernama “Lippujang”. Bunga Lempuyang yang mengandung banyak air, sangat populer dimasyarakat Pattae untuk dijadikan sebagai Shampoe tuk menyuburkan rambut.

Tanaman ini, banyak ditemukan tumbuh di daerah-daerah lembab, pinggiran sungai, dan Danau. Lempuyang juga berkembang biak dengan sangat cepat dan sudah dikenal sebagai bahan utama pengobatan tradisional.

Dalam dunia kesehatan, manfaat tanaman Lempuyang ini mampu mencengah serta mengobati berbagai macam penyakit. Berikut ulasannya yang kami rangkum, cekidot..!

Dapat Mengobati Malaria

Ketika tubuh mengalami gejala penyakit malaria maka sebaiknya obati menggunakan rimpang lempuyang.  Untuk mengkonsumsinya, rimpang atau umbi lempuyang dikombinasikan dengan tanaman lain. Caranya seperti ini;

Siapkan satu ruas lempuyang yang sudah dihaluskan lalu tambahkan satu cangkir perasan nanas dan garam secukupnya. Minum dengan takaran setengah gelas dalam satu hari untuk menambah daya tahan tubuh.

Dapat Mengatasi Gejala Ambien

Jika anda penderita gangguan pencernaan seperti Ambien, manfaat Lempuyang bisa anda coba tuk mengatasi gejala tersebut. Caranya seperti ini;

Ambil ¾ ruas rimpang lempuyang yang telah dicuci bersih lalu diparut. tambahkan dua sendok makan air matang dan garam sedikit. Minum lah satu sendok makan hasil perasannya tadi dua kali sehari.

Manfaat Lempuyang Bagi Pengidap TB

Penyakit TB atau dulu disebut TBC merupakan penyakit yang bisa membuat penderitanya sampai muntah darah, hal ini sangat memprihatinkan untuk kesehatan tubuh.

Karena itu, segeralah tuk mengobatinya dengan memanfaatkan lempuyang sebagai bahan utama. Kandungan di dalam lempunyang dapat menetralisir racun dalam tubuh sehingga dapat membunuh virus TBC. Cara meraciknya seperti ini;

Sediakan akar lempuyang wangi sebanyak satu genggam yang telah dicuci bersih lalu potong dan rebus menggunakan lima gelas air bersih. Setelah itu minumlah sebanyak 3 gelas sehari.

Manfaat Lempuyang Bagi Kesehatan Kulit

Bagi sebagian orang akan mengalami gangguan pada kulit akibat alergi. Gunakan pengobatan tradisional berbahan dasar lempuyang. Caranya begini:

Iris tipis-tipis rimpang lempuyang pahit lalu direbus dengan air bersih, setelah itu seduh seperti the. Minum secukupnya secara teratur hingga gejala alergi mereda.

Manfaat Lempuyang
Tanaman Lempuyang dan Umbinya

Manfaat Lempuyang Bagi Kesehatan Tubuh Lainnya

Begitu banyak manfaat Lempuyang bagi kesehatan tubuh lainnya, sehingga Tanaman jenis rempah-rempah ini banyak direkomendasikan untuk dikonsumsi. Berikut manfaat Lempuyang yang wajib diketahui.

  • Manfaat Lempuyang Mampu Mencegah Tumbuhnya Sel Kanker
  • Mampu Meredakan Demam yang Mengakibatkan Kejang Bagi Anak-anak
  • Mengobati Kaki Bengkak Pasca Melahirkan
  • Mengatasi Masuk Angin
  • Mengatasi Gejala Darah Rendah
  • Mengatasi Rematik
  • Mengobati Batuk Rejan
  • Melangsingkan Tubuh
  • Menambah Nafsu Makan
  • Dan masih banyak lagi.

Sekedar Saran

Cara pembuatan obat tradisional yang menggunakan lempuyang sebagai bahan dasarnya juga tergolong mudah bagi masyarakat awam sekalipun.

Meskipun Manfaat lempuyang ini tidak memiliki efek samping dalam penggunaannya. Namun, disarankan tetap memerhatikan setiap takaran bila mengkonsumsi lempuyang.

Mengapa demikian, agar dapat tehindar dampak negatif yang mungkin saja terjadi. Hal ini untuk kebaikan dan kesehatan tubuh kita agar tetap stabil. Wassalam…!!

Sourc: Manfaat.co.id

Relawan Tanggap Covid-19 Desa Tonyaman Dirikan 3 Titik Posko Penjagaan di Wilayah Perbatasan Tonyaman
Relawan Tanggap Covid-19 Beroperasi di Tiga Titik Posko Desa Tonyaman