Masjid Syuhada 45 Tandakan Kebakaran, Lemari Peralatan Shalat Hagus

Masjid Syuhada 45 Tandakan Kebaran, Lemari Peralatan Shalat Hagus dilahap Api
Masjid Syuhada 45 Tandakan Kebaran, Lemari Peralatan Shalat Hagus dilahap Api

Masjid Syuhada 45 Tandakan, Kelurahaan Amssangan, Binuang mengalami kebakaran di bagian lemari masjid. Pemicu kebakaran tersebut belum diketahui pasti penyebabnya. Namun menurut penuturan warga kemungkinan besar diakibatkan dari hubung singkat arus listrik, Kamis 2/7/2020.   

Api sudah membesar saat diketahui oleh warga sekitar yang tinggal di sekitaran masjid. Kebarakaran terjadi pada malam hari sekitar pukul 01.00 wita. Api baru selesai di padamkan pada pukul 02.00 dini hari.

Menurut salah satu saksi mata yang melihat langsung kejadian tersebut mengatakan, saat masjid terbakar, ia langsung meminta bantuan dengan cara berteriak. Ia bersama kedua pemuda mencoba memadamkan api dengan peralatan seadanya.  

“Api sudah membesar memang dan banyak asap. Saya teriak memanggil warga semua, dan saat itu ada dua pemuda yang membantu memadamkan api. Posisi lemari sudah roboh dan kacanya berserakan kemana-mana. Saya bangun sekitar jam 01.24 dan kumpul di masjid sekitar jam 01.40,” Jelas sarifa Diana warga yang tinggal di sekitaran masjid Syuhada 54 Tandakan

Saat ditanya mengenai sebab terjadinya kebakaran, Sarifa tidak tau jelas, ia mengetahui masjid kebakaran tengah malam, dan saat itu api sudah membesar.  

“Saya takutnya listrik. Tapi, katanya masyarakat bukan kayaknya listrik karena jauh dari lemari tapi ada kabel dekatnya kipas angin. Tapi jaraknya dekat dari jendela di sampingnya lemari dan kipas anginnya tidak hancur. Cuma itu saja lemari yang hancur” tambah nya.

Lurah Amassangan Abd Majid memantau langsung masjid yang terbakar dini hari tadi. Ia mengatakan akan menyerahkan sepenuhnya kepada pihak kepolisian untuk menyelidiki sebab terjadinya kebakaran tersebut.

“Kita serahkan saja ke pihak yang berwajib karena saat ini anggota dari Polsek Binuang sudah turun untuk melihat atau cek langsung kejadian kebakaran yang terjadi” ujar lurah amassangan saat di temui di tempat kejadian, (02/7).

Aparat kepolisian Polsek Binuang saat ini masih melakukan penyelidikan dan memeriksa sejumlah saksi mata seputar kebakaran yang terjadi. Hingga diturunkan berita ini, penyebab kebakaran di masjid Syuhada 45 Tandakan belum diketahui pasti.[ramlah]*