Meminum Kopi Memiliki Filosofi Tersendiri Bagi Setiap Orang

Meminum Kopi
Komunitas Ngopi Keliling

” Meminum Kopi pagi ini, memberi ketenangan dan inspirasi tanpa henti”

| Oleh: Muh Sukri
(Komunitas Ngopi Keliling)

Perjalanan kopi hingga akhirnya terseduh dalam satu cangkir tidaklah melalui proses yang instan. Dari biji kopi yang di haluskan lalu dibuat dalam bentuk bubuk, hingga kemudian menjadi minuman yang nikmat membutuhkan proses yang butuh kesabaran. Bahkan beda tangan, akan menghasilkan beda cita rasa. Kopi pun memiliki beragam jenis yang bisa menghasilkan cita rasa dan kenikmatan yang berbeda-beda.

Dari keunikan itu kita bisa belajar tentang kehidupan. Layaknya kopi, manusia pun memiliki keunikannya masing-masing. Kita tak bisa menyamaratakan semua manusia. Kita harus mampu menghargai tiap perbedaan yang ada.

Pola asuh yang berbeda pun akan menghasilkan karakter-karakter manusia yang berbeda. Lingkungan tumbuh besar yang berbeda akan menghasilkan manusia-manusia yang berbeda. Manusia, master piece Tuhan yang maha kuasa dan kopi adalah master piece para pengolahnya.

Makna hidup dari secangkir kopi lainnya adalah penghargaan kita terhadap sebuah kerja keras dan proses yang tak sebentar. Seperti yang kita tahu untuk menghasilkan secangkir kopi yang nikmat, ada perjalanan panjang yang harus dilaluinya. Perjalanan dan proses yang panjang tersebut tidak akan mengkhianati hasil yang didapat.  Begitu juga kehidupan kita.

Jika kita terus bersantai-santai dalam kehidupan,  apakah semua impian mampu kita wujudkan? Dalam hidup kita pun perlu kerja keras serta cerdas untuk bisa menggapai impian. Dan untuk mencapainya kita pun butuh proses yang tak instan.

Tanaman kopi dihasilkan dari berbagai tempat. Beda tempat akan menghasilkan jenis biji kopi yang berbeda. Biji kopi yang berbeda akan menghasilkan cita rasa yang berbeda pula. Tidak ada yang lebih nikmat, semua memiliki kenikmatannya masing-masing. Kembali pada selera penikmatnya, lebih suka jenis kopi yang seperti apa. Begitulah hidup, setiap manusia memiliki jalan hidupnya masing-masing.

Bagi orang lain bisa jadi hidup kita terasa ringan,  namun bagi kita terlihat sangat menyedihkan. Bagi kita masalah orang lain terlihat begitu mudah, sedang bagi mereka yang menjalaninya terasa begitu sulit. Semua kembali pada sudut pandang dan cara menjalaninya.

Penikmat kopi biasanya adalah orang-orang yang bisa menghargai perbedaan-perbedaan tersebut. Maka tak heran, kopi bisa menjadi pengikat rasa bagi mereka yang berkumpul di sebuah ruangan yang sama. Meminum kopi bisa menjadi pembuka obrolan yang hangat bagi orang-orang yang baru saja saling bertemu atau telah lama terpisah sekian tahun.