Mendengar Keluhan Warga Terkait Calo, Wabub Polman Pantau Kantor Dukcapil

Mendengar keluhan banyak warga terkait adanya pemungutan biaya pelayanan di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) abupaten Polewali Mandar, Wakil Bupati M. Natsir Rahmat turun langsung memantau proses pelayanan Administrasi di Kantor Dukcapil, Jumat 26/2/2021.

Saat memantau langsung aktivitas pelayanan di kantor Dukacapil, Natsir menyampaikan jika ada oknum didapat mejadi calo dan pungli, segera laporkan dan akan ditindaklanjuti.

“Kalau dia pegawai negeri kami akan memberikan sanksi, kalau anak honor yang berbuat pecat saja,” tegas M. Natsir Rahmat.

ia juga menghimbau kepada masyarakat, pengurusan administrasi di Kantor Dukacapil tidak ada pembayaran. Semua pengurusan, kata Wabub, tidak dipungut biaya atau gratis di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

Setelah melihat langsung pelayanan yang ada di kantor dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Wabub mengatakan, pelayanan di Capil tersebut sudah bagus. Yang perlu diantisipasi adalah membatasi pengunjung agar tidak ada cluster baru Covid-19.

Sementara itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Nasir Adam menyampaikan, sesuai motto Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil yakni “Anda Puas Kami Senang”. Pembuatan KTP itu hanya memakan waktu 20 menit.

“Kalau data dan berkasnya lengkap, Insya Allah hanya memakan waktu 20 menit saja KTPnya sudah jadi,” terang Nasir Adam

Ia juga menegaskan tidak ada pemungutan biaya apapun di kantor Capil. Terkait oknum yang didapatkan calo atau pungli pihaknya akan memberikan sanksi untuk PNS dan pemecatan untuk honorer.

Di masa pandemi, Nasir Adam menyampaikan untuk mengurangi penyebaran virus covid-19, pihaknya membuka pelayanan secara online.

“Layanan online, silahkan bapak ibu masukan onlinenya lalu kita terima dikantor. Setelah itu kami kirim dalam bentuk PDF, PDF nanti bisa di cetak di tempat foto copy,” ucap Nasir Adam.