Menjaga Kearifan Lokal, Kapolres Polman Support Olahraga Badminton Redi Papan di Kecamatan Alu

Redi Papan
Redi Papan

Kejuaran Bulutangkis Redi Papan merupakan permainan bulutangkis menggunakan raket terbuat dari papan adalah permainan Badminton khas Suku Mandar di Sulawesi Barat (Sulbar).

Dalam rangka memeriahkan Hut Bhayangkara ke-77, Kapolsek Alu Andi Radi bersama 16 personil Polsek Alu dan warga menggelar Turnamen Bulutangkis Redi Papan.

Turnamen tersebut diikuti peserta se Kecamatan Alu terdiri dari 7 Desa, tercatat sebanyak 42 pasang Putra dan akan mulai bertanding setelah pembukaan Senin Malam 20-27 Juni 2023.

Kapolres Polman AKBP Agung Budi Leksono, dalam sambutannya menyampaikan bentuk kegiatan olahraga apapun itu, pihaknya akan terus memberi dukungan selama kegiatan tersebut berkaitan dengan keterlibatan masyarakat yang bernilai positif.

“Kami tetap mensuport dalam bidang apapun yang berkaitan langsung dengan masyarakat,” Ungkap Kapolres Polman saat membuka Turnamen Badminton Redi Papan di Kantor Polsek Alu.

Menurutnya, olahraga bulutangkis yang menggunakan papan ini salah satu jenis olahraga kearifan lokal yang dimainkan daerah tertentu seperti yang dilakukan di Kecamatan Alu.

Untuk itu, Bentuk dukungan seluruh pihak khususnya dari Pemerintah juga harus ada. Karena olahraga tersebut adalah hiburan masyarakat dan juga sebagai wadah menjaga silahturahmi antar sesama warga se Kecamatan Alu.

“Oleh karena itu mari kita gelorakan olahraga Bulutangkis Redi Papan ini, untuk menjalin silahturahim, dapat sehatnya, dapat nilai ibadahnya,” Terang AKBP Agung Budi Leksono.

Ditempat sama, Kapolsek Alu yang juga sebagai Ketua Panitia Turnamen Badminton Redi Papan AKP Andi Radi menjelaskan bahwa Turnamen ini diselenggarakan untuk lebih mendekatkan lagi hubungan masyarakat dengan personil kepolisian Polsek Alu.

Meskipun kondisi jalan dan jarak yang lumayan jauh dari perkotaan, namun semangat dari personil Polsek Alu dalam mengayomi masyarakat tetap standby 24 jam.

“Kami memastikan anggota tetap ditempat dan menjalankan tugas masing-masing sesuai prosedur dan perintah,” Jelasnya.

Selain disaksikan ratusan warga kecamatan Alu, tampak hadir salah satu Anggota DPRD Polman dalil Alu Mulyadi dari fraksi PPP.

Turnamen semakin meriah setelah dibuka secara resmi Kapolres Polman kemudian dilanjut dengan pertandingan antara Kapolres Polman AKBP Agung Budi Leksono berpasangan dengan Anggota DPRD Polman Mulyadi akan melawan Kapolsek Alu berpasangan dengan kepala lingkungan.[*]