Menteri Desa Gus Halim, Berikan Kuliah Umum ke Sivitas Akademika Unasman

Menteri Desa
Menteri Desa Gus Halim memberikan kuliah umum ke Sivitas Akademika Unasman, di Auditorium Prof Sahabuddin Unasman, Minggu (13/12)

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar, memberikan kuliah Umum di Universitas Al Asyariah Mandar (Unasman) di Auditorium Prof  Sahabuddin, Jl. Budi Utomo No.2 Manding Polewali Mandar, saat berkunjung ke Sulawesi Barat, Minggu (13/12/2020).

Abdul Halim Iskandar yang biasa disapa Gus Halim, memaparkan terkait program Sustainable Development Goals (SDGs). Didepan ketua Yayasan Al Asyariah Mandar Kyai Syibli Sahabuddin bersama Rektor Hj. Chuduriah Sahabuddin dan ratusan mahasiswa Unasman.

Dalam pemaparannya, Gus Halim menyampaikan program SDGs sendiri. Merupakan suatu rencana aksi global yang disepakati para pemimpin dunia, termasuk Indonesia. Orientasi program tersebut, kata dia, guna mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan melindungi lingkungan.

“Nantinya biar Unasman juga menjadi Beken penting didalam proses pembangunan desa, dengan merujuk ke pada arah kebijakan pembangunan desa yang disebut dengan SDGs,” ujar Abdul Halim Iskandar

Menteri desa dan pembangunan daerah tertinggal tersebut berencana membangun sinerginitas antara Kementerian Desa, dengan Unasman.

Kepada Mahasiswa Unasman yang mengikuti Kuliah Umum, ia berharap menjadi Mahasiswa yang tidak hanya belajar dari buku. Tapi, juga belajar dari situasi sosial dan masyarakat.

“Mahasiswa yang utuh adalah Mahasiswa yang memahami teori dan konteks, kalau hanya konteks tanpa teori khawatirnya nanti kita punya basis gabungan. Tapi kalau teori saja tanpa konteks nanti terserabut dari akar budaya masyarakatnya,” harapnya.

Atas Kunjungan sekaligus Kuliah Umum yang diisi Mendes PDTT tersebut, Rektor Universitas Al Asyariah Mandar Hj. Chuduriah Sahabuddin, berharap ada bentuk kerjasama yang terbagun terkait program-program Kementerian Desa.

“Sehingga Unasman bisa bersinergi dalam menjalankan programnya Kementerian Desa, kita minta ditindak lanjuti segera mungkin bu Rektor ke Jakarta tanda tangan MoU dalam bidang pengembangan desa, yang melibatkan Mahasiswa dan Dosen Unasman,” tutupnya Hj. Chuduriah

Selain memberikan kuliah umum Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal juga memiliki jadwal kunjungan ke beberapa tempat seperti, Bumdes Warkop Desa Kurrak yang berada di Kecamatan Matakali Polewali Mandar. Sebelumnya, Gus Halim juga menghadiri peresmian kantor DPC PKB Polewali Mandar pada Sabtu (12/12) malam hari.