Menuju Festival Variasi Ke 5, Kosaster Siin Unasman Gelar Pentas Pamit

Pentas Pamit Kosaster Siin Unasman
Pentas Pamit Kosaster Siin Unasman

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Komunitas Sastra Seni dan Teater (Kosaster Siin) Universitas Al Asyariah Mandar (Unasman) menggelar Pentas Pamit. Pagelaran ini dilaksanakan di Auditorium Prof KH Sahabuddin Unasman Jl Budi Utomo No 2 Manding, Kecamatan Polewali Mandar, Rabu 3/4/2019.

Dalam proses latihan, yang memakan waktu dua bulan hingga mereka berhasil mementaskan Pentas Pamit tersebut (3/4). Ketua Kosaster Siin mengaku sempat terkendala di sebabkan padatnya kegiatan.

“Dari bulan 2 (2019) sampai hari ini kita mulai fokus, dan kita sudah melaksanakan karantina sekitar 2 minggu di Auditorium kampus Unasman. dan sudah melaksanakan pentas uji coba selama 2 kali dan terakhir pentas pamit ini.” Ujar MuhFitrah Selaku Ketua Umum Kosaster.

Pagelaran Pentas Pamit Kosaster ini, di support langsung Rektor Unasman Dr Hj Chuduriah Sahabuddin, M.Si. yang hadir menonton UKM  Kosaster Siin Unasman.

Bukan hanya Rektor Unasman yang hadir, komunitas pekerja seni Polman, dan UKM yang berada dalam lingkup Unasman juga hadir memeriahkan pagelaran Pentas Pamit tersebut.  

Kosaster Siin pada Pentas Pamit menampilkan Tari Murka Bumi yang menceritakan tentang kejadian bencana alam yang terjadi beberapa tahun belakangan ini.

Bukan hanya itu, dalam tarian tersebut, mereka juga menceritakan kecenderungan manusia dengan alam.

Pentas Pamit yang diselenggarakan UKM Kosaster Siin Unasman tersebut. Merupakan persiapan mengikuti Festival Tari Mahasiswa Nasional (Variasi) yang berlangsung di Kampus Unismuh Makassar 7 s/d 15 April 2019 Mendatang.

Video tarian yang berdurasi 20 menit menjadikan UKM Kosaster Siin Unasman lolos syarat oleh panitia Variasi ke 5 tahun 2019. Dari sekian video se-Indonesia yang dikirim kepanitia pelaksana, Tarian Kosaster Siin yang berjudul Murka Bimi menduduki urutan ke 3 pada tahun 2018 silam.

Kegiatan Variasi merupakan petunjukan tari dari berbagai UKM Seni se-Indonesia yang diadakan 2 tahun sekali. Festival Tari Mahasiswa Nasional ke 5, sebagai tuan rumah UKMSB Talas Unismuh Makassar.

Sebanyak 20 Komunitas Seni lintas kampus akan menampilkan tarian terbaiknya pada Festival Variasi ke 5 di Balai Sidang Unismuh Makassar (7-15/4). (pattae.com).

Penulis: Amin Ombe*

upacara pembukaan kegiatan lomba tingkat kecamatan
Jelang HUT RI ke 74, Lomba se-Kecamatan Anreapi Resmi Dibuka