Menyambut HUT RI, Para Siswa Giat Latihan Gerak Jalan Indah

Gerak Jalan SD Inpres 063 Batu
SD Inpres 063 Batu Desa Pappandangan terus melakukan latihan Gerak Jalan Indah

Menyambut peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) pada 17 Agustus mendatang, sejumlah siswa mempersiapkan diri mengikuti lomba gerak jalan indah.

Kegiatan yang di selenggarakan pemerintah Kecamatan tersebut akan dilaksanakan di Desa Pappandangan, Kecamatan Anreapi, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat pada puncak peringatan HUT RI (17/8).

Salah satu sekolah yang terus memberikan latihan kepada siswa nya yaitu SDN Inpres 063 Batu Desa Pappandangan, Kecamatan Anreapi.  Demi ikut lomba gerak jalan yang diselenggarakan setiap tahunnya se-Kecamatan Anreapi. Sekolah Dasar tersebut terus melakukan latihan setiap hari.

Mereka telah melakukan latihan sejak awal bulan Juli. Biasanya mereka melakukan latihan gerak jalan di sekolah mereka sendiri setelah jam pertama proses pembelajaran telah selesai hingga jam istirahat. Tidak hanya sampai disitu, mereka juga melakukan latihan pada sore hari.

Latihan itu mendapat bimbingan langsung dari guru mereka sendiri, yaitu Mufli, salah satu guru kelas 2 SD Inpres 063 Batu dengan mengikutkan 31 siswi perempuan dan 22 laki-laki.

Mufli, selaku pelatih gerak jalan indah siswa-siswi nya mengaku mendapat kendala dalam proses latihan. Ia mengatakan sering terhambat persoalan cuaca yang tidak bersahabat. Hal ini membuat anak –anak mengeluh kepanasan.  

Kendala lain yang mereka dapatkan yaitu lokasi latihan gerak jalan yang terbatas. Biasanya, mereka memanfaatkan jalan sebagai lokasi latihan namun, karena banyak kendaraan yang lalu-lalang membuat latihan tidak efektif.  

‘’Nah, jika dijalan kendala-nya adalah karena di desa Pappandangan ini hanya ada satu jalur transportasi mobil , motor dan ter kadang pejalan kaki. Jadi, ketika kami ingin latihan, dan ada kendaraan lewat, terpaksa kami bubarkan diri”. Ungkapnya

“Tapi, Alhamdulillah kendala itu bukan jadi penghalang bagi kami untuk terus latihan.‘’ Tambahnya, bersemangat

Bernama asli Muh Mufli Thalib. Guru sekaligus pelatih itu berharap siswa yang dilatih-nya, bisa mendapat juara satu, setelah lomba tahun sebelumnya (2018) mendapat juara dua.

“Kami dibandingkan tahun kemarin ialah mengingat kemarin kami menempati juara dua maka ditahun ini kami optimis harus bias tembus juara 1 atau bias lebih baik dari tahun kemaren “. Harapnya [pattae.com]

Penulis: Murni Tajri*

Kesenian Pattae Rebana dari dusun Baruga
Foto: Pentas Kesenian Pattae Menyambut HUT ke-58 Desa Batetangnga