Milad Pertama, Sanggar Seni Sipatuo Mammesa Giat Latihan Budaya Khas Pattae

Anggota Sanggar Seni Sipatuo Mammesa sedang latihan tari Mangngonggo di area MA Izzatul Ma'arif Tappina.
Foto Anggota Sanggar Seni Sipatuo Mammesa sedang melakukan latihan tari Mangngonggo di area MA Izzatul Ma’arif Tappina.

PaTTae.com | Sanggar Seni Sipatuo Mammesa sedang giat melakukan latihan untuk pagelaran seni, menuju milad pertama Sipatuo Mammesa. Latihan ini mulai dilakukan 7 Januari 2019 Kemarin.

Amin, Ketua Sanggar Seni Sipatuo Mammesa mengatakan, pada milad pertama, sipatuo mammesa akan menampilkan beberapa seni tari dan budaya pattae. Jenis tarian yang di tampilkan berupa tarian mangngonggo, serta seni mappadendang khas Pattae.

“Pada milad pertama sipatuo mammesa ini, kami akan mengangkat budaya-budaya khas pattae seperti mappadendang dan tarian mangngonggo”. Ungkapnya

Selain itu, seni lainnya seperti teater, sastra dan musik juga akan memeriahkan milad pertama sipatuo mammesa nantinya yang akan dilaksanakan bulan Maret mendatang.

“kami juga akan menampilkan kesenian lainnya dalam bentuk teater, tapi teater ini belum jelas karena naskanya belum jelas. Ada juga seni Music, sastra Puisi”. Lanjutnya

Sanggar Seni Sipatuo Mammesa (S3M) yang berlokasi di Desa Mirring, Kecamatan Binuang berdiri 03 Maret 2017 Tahun Lalu ini, telah mempersiapkan diri tuk melaksanakan milad pertama mereka.

“Rencananya kami akan milad di sekitaran bulan 3 kalo memang proses latihan teman-teman S3M sudah matang untuk ditampilkan. Kalo memang belum siap di bulan 3 terpaksa kami undur sekitaran bulan 4”. Tutur Amin.

Sekitar 30 lebih anggota baru Sanggar Seni Sipatuo Mammesa yang akan menampilkan beragam karya Seni baru nantinya.

Lokasi kegiatan perayaan hari lahir S3M tersebut, menurut amin, nantinya akan dilaksanakan di Area Madrasa Aliayah Izzatul Ma’arif Tappina, Desa Mirring, Kecamatan Binuang Kabupaten Polewali Mandar.

Sanggar Seni Sipatuo Mammesa, juga akan mengundang beberapa sanggar seni yang ada di Polewali Mandar, untuk menampilkan karya terbaiknya. Sehingga para ppenonton nantinya dapat menikmati pagelaran seni dari berbagai budaya di Polewali Mandar.

Pada pagelaran seni S3M, Amin, berharap masyarakat banyak yang hadir, dan menyaksikan seni budaya Pattae yang akan ditampilkan nantinya.

“semoga bisa berjalan lancar, rame banyak penonton. Dan sanggar seni yang ada di Polewali Mandar dapat hadir pada kegiatan milad pertama kami nantinya”. Harap Amin, selaku ketua Sanggar Seni Sipatuo Mammesa.(/*)

Komentar