Mobil Pengangkut Ratusan Kayu Diamankan Petugas di Area Perbatasan

Ratusan Kayu
Mobil Pengangkut ratusan kayu asal polman diamankan petugas

3 truk dan 2 mobil pickup bermuatan ratusan kubik kayu asal Polman ditahan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Sulawesi Barat saat akan menyeberang ke Provinsi Sulawesi Selatan, sekitar pukul 01.00 dini hari tadi Jumat  (3/6/2022).

Salah satu petugas Kesatuan Pengelolaan Hutan Lindung (KPHL) Mapilli Kabupaten Polman yang bertugas di Pos Kehutanan Binuang, Ahmad, menuturkan. Dinas Kehutanan bagian seksi perlindungan mengamankan 5 mobil pengangkut kayu lantaran tak membawa dokumen resmi.

Material kayu yang diduga ilegal tersebut di prediksi berasal dari daerah Wonomulyo dan Batu. Namun, kata Ahmad, ini masih bersifat dugaan, untuk informasi akuratnya ada di seksi perlindungan Dinas Kehutanan Sulbar.

Sementara itu, Kepala Kesatuan Pengelolaan Hutan Lindung (KPHL) Mapilli Kabupaten Polman Eko Saparianto menjelaskan, mobil pengangkut kayu tersebut didapat setelah tim dari Dinas Kehutanan melakukan patroli di Pos Kehutanan Binuang.

Lebih lanjut Eko menyampaikan, sementara ini pihak Dinas Kehutanan belum sempat melakukan pemeriksaan. Namun, pihaknya bersama Dinas Kehutanan akan melakukan penyelidikan secara mendalam setelah shalat Jum’at .

“Sesuai prosedur, kita mau periksa dulu habis jumat kita mau naik ke pos lakukan pemeriksaan. Kita tidak bisa menyimpulkan dulu sebelum diselidiki semua dokumen dan kesesuaiannya,” jelas Eko Saparianto.

Hingga berita ini diterbitkan, pattae.com belum mendapat informasi hasil pemeriksaan dari Dinas Kehutanan terkait ratusan kayu tersebut.[*]