Momentum Apa Saja di Tanggal 15 September? Berikut Daftarnya

15 September
Ilustrasi

Tahu tidak hari ini tanggal 15 September di peringati sebagai hari apa? tentu banyak yang masih penasaran. Namun tak usah panjang dan lebar, langsung saja berikut informasi hari bersejarah yang jatuh pada tanggal 15 September.

Hari Demokrasi Internasional

Majelis Umum Perserikatan Bangsa- Bangsa(PBB) pada tahun 2007 lalu, menetapkan tanggal 15 September sebagai hari untuk menjaga nilai- nilai demokrasi bagi semua pihak khususnya para pemimpin negara dalam menjalankan roda Pemerintah.

Demokrasi sebagai sistem politik, dipercaya dapat membawa rasa keadilan bagi segenap warga negara. Sayangnya, di bebrapa negara sistem demokrasi sangat sulit untuk diterapkan dengan baik. Salah satu praktek buruk yang tidak mendukung sistem demokrasi berjalan adalah menolak untuk mengikuti pemilihan umum alias golput (tidak memilih).

Salah satu indikator keberhasilan Negara menerapkan demokrasi apabila telah menjalankan sistem pemilihan umum dengan tidak memandang ras, jenis kelamin dan lain-nya.

Untuk itu, PBB sebagai lembaga dunia berupaya menjaga nilai- nilai demokrasi tersebut dengan melakukan pemantauan pemilu di beberapa negara yang menerapkan sistem demokrasi.

Selain itu, PBB juga berupaya memperkuat lembaga-lembaga demokrasi dan akuntabilitas, serta mengintervensi negara- negara yang baru pulih dari konflik untuk menjalan roda pemerintahan secara demokratis.

Hari Insinyur Sedunia

Selain hari Demokrasi Internasional pada tanggal 15 September juga di peringati sebagai Hari Insinyur Sedunia (World Engineers Day). Berbicara tentang keinsinyuran, tentu tidak lepas dari bidang ilmu sains. Salah satunya adalah bidang ilmu ke-Teknik-an yang hingga kini masih terus mengalami perkembangan.

Bidang ilmu Teknik mulai saat para ilmuan mengembangkan temuan-temuannya yang dapat mengubah kehidupan masyarakat dunia. Thomas Savery dan James Watt yang meletakkan dasar bagi teknik mesin ultramodern. Bidang teknik elektro mulai pada saat Alessandro Volta pada abad ke- 19 melakukan eksperimen yang akhirnya menjadi pondasi dasar terjadi revolusi industri 2.0.

Selain itu ada juga eksperimen Michael Faraday, Georg Ohm, serta penemuan motor listrik yang inovatif pada tahun 1872. Bidang teknik akhirnya mulai menjadi sebuah profesi paling menentukan perkembangan peradaban manusia di akhir abad ke- 19.

Saat itu, Insinyur kelistrikan telah membangun jaringan telegraf listrik secara global. Institusi teknik kelistrikan pertama didirikan di Amerika Serikat dan Inggris guna mendukung bidang jaringan telegraf listrik global.

Bidang elektronika berkembang melalui maha karya James Maxwell dan Heinrich Hertz pada akhir abad ke- 19. Pada abad yang sama, di masa-masa revolusi industri berkembang juga bidang ilmu Teknik Kimia.

Saat itu kebutuhan dan permintaan terhadap produksi bahan kimia skala besar sangat meningkat menjadi pemicu munculnya industri teknik kimia hingga sekarang.

Itulah beberapa momentum bersejarah yang jatuh pada tanggal 15 September yang tiap tahunnya diperingati dan menjadi renungan bagi generasi-generasi selanjutnya.[*]