Hari Peduli Sampah, Bupati Ajak Warga-Pedagang Bersihkan Area Pasar Sentral

Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional, Bupati Polewali Mandar mengajak masyarakat membersihkan area pasar sentral Pekkabata, Polewali Selasa 23/2/2021.

“Hari ini kita mengadakan bersih-bersih sampah. Berkeliling pasar memberikan tempat sampah berupa karung untuk disatukan nanti petugas kebersihan,”Ucap Andi Ibrahim Masdar.

Sehingga, AIM berharap bukan hanya di Hari Peduli Sampah Nasional saja semua bergerak membersihkan, tapi pihaknya meminta masyarakat tetap membersihkan setiap hari agar daerah Kabupaten Polewali Mandar menjadi daerah bersih dan sehat.

Selain itu, Bupati 2 periode yang biasa disapa akrab AIM (Andi Ibrahim Masdar). Juga memberi edukasi kepada semua pedagang yang ada di Pasar Sentral Polewali untuk tidak membuang sampah sembarangan.

“Jadi harapan saya, yah, semua masyarakat bisa sadar. Bahwa bersih itu bagus, bersih itu sehat yah,” terang Bupati Polman.

Membersihkan sampah, kata AIM tidak hanya pada momentum Hari Peduli Sampah. Namun bisa dilakukan setiap saat.

Demikian itu, AIM menyampaikan imbauan, khususnya kepada para kepala sekolah untuk secara bergantian turun membersihkan bersama para guru dan siswanya.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kabupaten Polewali Mandar Hj. Rahmin mengatakan, Pasar Sentral yang menjadi lokasi peringatan Hari Peduli Sampah Nasional agar pihaknya bisa sosialisasi kepada masyarakat dan pedagang untuk mengumpulkan sampah sebelum jam pasar selesai.

Hal itu dimaksudkan agar memudahkan petugas mengangkat sampah setelah jam pasar selesai.

Rahmin mengaku, setelah pasar selesai sampah berserakan dijalan dan diarea pasar. Sehingga dengan adanya kegiatan seperti ini masyarakat bisa sadar mengumpulkan sampahnya masing-masing.

Adapun bentuk edukasi yang disampaikan pihak DLHK tidak lain memberikan contoh membuang sampah dalam tempat yang telah disediakan dengan memisahkan sampah basah dan plastik.

Pada momentum Hari Peduli Sampah 2021. Selain Dinas LHK, semua OPD yang ada di Pemkab Kabupaten Polman terlibat di kegiatan tersebut. Tak hanya itu, Camat Polewali, Mahasiswa, hingga sekolah dan Masyarakat juga terlibat.