Motor Pintar: Menjadi Primadona Kalangan Siswa Sekolah Dasar di Desa Batetangga

Motor Pintar: Menjadi Primadona Kalangan Siswa Sekolah Dasar di Desa Batetangga
Siswa SD O12 Kanang sedang mengerumuni Motor Pintar. (Kamis 30/03/2017 | Photo by Chiet)

Motor Pintar | PATTAE | Akhir-akhir ini ada pemandangan yang berbeda yang menghiasi halaman sekolah-sekolah di Desa Batetangnga, Kec. Binuang, Kab. Polewali Mandar. Biasanya di halaman sekolah hanya terlihat pemandangan para siswa yang bermain-main. Namun, saat ini para siswa itu justru sibuk mengerumuni sebuah motor roda tiga yang membawa box besar penuh dengan buku.

Sepeda motor beroda tiga yang biasanya digunakan untuk mengangkut barang itu, telah disulap menjadi Perpustakaan Keliling. Namanya pun diganti menjadi Motor Pintar. Perpustakaan keliling ini merupakan bantuan Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar yang dikelola oleh Pemerintah Desa Batetangnga.

Motor pintar ini merupakan salah satu upaya dari Pemerintah Daerah Kabupaten Polewali Mandar dan Pemerintah Desa Batetangnga untuk terus mendorong minat baca bagi anak –anak. Hal ini dilakukan, mengingat minat baca dikalangan anak-anak semakin rendah dari waktu ke waktu.

Antusiasme terhadap Motor Pintar

Diluar dugaan, kehadiran motor pintar ini ternyata mendapatkan respon yang sangat luar biasa dari para siswa-siswi yang ada di Desa Batetangnga. Para siswa terlihat sangat antusias ingin membaca buku yang dipajang dalam box perpustakaan keliling itu. Para siswa-siswi ini sampai rela mengantri dan berdesakan demi mendapatkan buku bacaan yang diinginkannya.

Setiap kali saya berkeliling di Desa Batetangnga dan singgah di sekolah-sekolah, anak-anak akan langsung berkumpul. Mereka akan langsung mengurumuni motor ini. Ada yang mengambil buku cerita, ada yang lebih suka buku motivasi, dan lain-lain.” Demikian kata Edy S, yang akrab disapa Papa’ Misbah,saat dikonfirmasi oleh Tim Media Pattae.com. Selain sebagai driver  Motor Pintar di Desa Batetangnga, beliau juga  merupakan staf Kantor Desa Batetangnga.

Seperti yang terlihat di SDN No. 12 Kanang, saat waktu istirahat tiba, para siswa-siswi langsung berkumpul di halaman sekolah. Mereka menunggu kedatangan motor pintar yang biasanya mampir pada jam-jam istirahat di sekolah mereka.

Syamsir, salah seorang Guru di SDN No. 12 Kanang, menjelaskan bahwa “sejak perpustakaan keliling ini ada, minat baca anak-anak sedikit demi sedikit mulai meningkat. Hal ini dibuktikan dengan antusiasme mereka yang selalu menunggu dan menanyakan kapan Motor Pintar datang lagi ke sekolah ini”.

Meski demikian, koleksi buku bacaan yang dimiliki oleh Motor Pintar ini ternyata masih sangat minim. Oleh karena itu, untuk mendukung kegiatan ini, sangat diharapkan adanya bantuan buku untuk tambahan koleksi, baik dari pemerintah maupun dari masyarakat. Dengan adanya tambahan koleksi bahan bacaan, diharapkan agar minat baca anak-anak dapat terus ditingkatkan. Kamis, 30/03/2017 (BN)*