Nelayan di Polman, Terima Bantuan Sarana dan Prasarana Perikanan

Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Polewali Mandar Salurkan bantuan Sarana dan Prasarana Perikanan
Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Polewali Mandar Salurkan bantuan Sarana dan Prasarana Perikanan, Selasa (27/10). Foto: Dok. Kominfo Polman

Pemerintah Polewali Mandar salurkan bantuan. Berupa sarana dan prasarana perikanan kepada sejumlah kelompok nelayan dan pelaku usaha budidaya ikan yang ada di Polewali Mandar, Selasa 27/10/2020.

Penyaluran bantuan tersebut, merupakan langkah pemerintah Polewa Mandar guna membantu meringankan beban nelayan dan pelaku usaha perikanan tangkap dan budidaya perikanan di masa pandemi Covid-19.

Bupati Polewali Mandar, Andi Ibrahim Masdar menyerahkan langsung bantuan tersebut kepada Para perwakilan Kelompok Nelayan dan Budidaya Perikanan. Hal itu dilakukan di halaman Kantor Dinas Kelautan dan Perikanan Selasa (27/10).

Sarana dan prasarana perikanan yang diberikan kepada sejumlah kelompok nelayan tersebut berupa gill net nylon 70 set untuk 6 kelompok, dan gill net monofilament sebanyak 120 set, untuk 5 kelompok nelayan.

Perlengkapan 15 unit GPS, dan life jacket  sebanyak 130 set, diberikan kepada 13 kelompok nelayan tangkap. Sedangkan untuk perlengkapan 1 unit fish finder , diberikan kepada 1 kelompok nelayan saja.

Sedangkan untuk sarana perikanan seperti Rumpon dangkal. Diberikan sebanyak 3 unit untuk 3 kelompok budidaya ikan, dan sarana pengadaan budidaya Lele 6 paket,

Untuk sarana pengadaan budidaya Patin, polykultur udang, bandeng, dan rumput laut. Serta percontohan budidaya udang sederhana masing diberikan sebanyak 8 paket.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Polewali Mandar  Muh. Akbar berharap, dengan adanya bantuan sarana dan prasarana ini, dapat memudahkan pekerjaan para nelayan.

“Bantuan ini diharapkan dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat untuk meningkatkan taraf perekonomian nelayan,” ungkapnya

Salah satu perwakilan kelompok nelayanan Rusdi Arsyad, yang menerima bantuan tersebut mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Polman. Dalam hal ini Dinas Kelautan dan Perikanan. Telah menyalurkan bantuan kepada para Nelayan ditengah sulitnya perekonomian masyarakat di masa pandemi Covid-19.

Lain halnya dengan Ruci. Ketua Kelompok KUB Dewa asal Desa Karama itu mengatakan, adanya bantuan tersebut, ia berharap dapat berkelanjutan. Mengingat, kebutuhan nelayan dan para pelaku usaha budidaya perikanan di Polman saat ini, sangat memberikan manfaat dan juga membantu.