New Normal, Umat Buddha di Sulbar Kembali Mengadakan Kegiatan Ibadah

Umat Buddha Prov. Sulawesi Barat kembali menggelar kegiatan ibadah

PaTTaE.com | Setelah beberapa bulan menghentikan sementara seluruh kegiatan di Vihara, Umat Buddha Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) kembali menggelar kegiatan ibadah pasca diberlakukannya kebijakan new normal. Salah satunya, Vihara Eka Virya Sasana di Kabupaten Mamuju Tengah, Sabtu 20/6/2020.

Vihara yang terletak di Desa Waeputeh, Kecamatan Topoyo tersebut menggelar Ibadah Puja Bakti. Kegiatan itu merupakan ibadah perdana yang dilaksanakan Umat Buddha Waeputeh di Vihara. Pasca Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulbar mengeluarkan kebijakan untuk melakukan aktivitas ibadah di rumah saja.

Setelah diterapkannya kenormalan baru di Sulbar, peribadatan pun mulai kembali dibuka. Meski demikian Pemerintah tetap menekankan, pelaksanaan ibadah harus memenuhi protokol kesehatan sesuai yang dianjurkan pemerintah.

Pembimas Buddha Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulbar, Prajna Satya Vijaya, saat melakakan pemantauan dan sosialisasi mengatakan, meski provinsi sulbar menerapkan new nurmal, aktivitas ibada diwajibkan untuk mematuhi prokoler kesehatan.

“Kegiatan ibadah perdana tersebut harus mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan. Petugas Vihara harus mengawasi protokol kesehatan dengan seksama dan konsisten”. tuturnya

Umat Buddha Prov. Sulawesi Barat kembali menggelar kegiatan ibadah
Kegiatan Puja Bakti di Vihara Eka Virya Sasana Kabupaten Mamuju Tengah, Sulbar.

Selain itu, Penyusun Bahan Urusan Agama di Bimas Buddha Provinsi Sulbar itu juga menghimbau kepada pengurus Vihara. Agar melakukan pembatasan akses keluar masuknya tempat ibadah serta menyediakan tempat cuci tangan untuk umat yang ingin menjalankan ibadah.

Pada kegiatan Puja Bakti Kali ini, sedikit berbeda dengan kegiatan ibadah sebelumnya. Bhikkhu yang biasanya memberikan Dhammadesana (Khotbah/ceramah) secara langsung kini namun pada Puja Bakti tersebut, dilakukan melalui zoom meeting dengan menghadirkan Bhikkhu Dhiracitto dari Vihara Dharma Ratna, Kota Tangerang untuk memberikan Dhammadesana.

Meski dilaksanakan secara daring, namun hal itu tidak mengurangi kekhusyukan umat dalam mengikuti kegiatan Puja Bakti.

Selain Vihara Eka Virya Sanana di Desa Waeputeh, kegiatan Puja Bakti juga dilaksanakan di Vihara Giri Kartika, Desa Salugatta, Kecamatan Budong-budong, Kabupaten Mamuju tengah (Mateng).[casper*]