Nikah di Kabupaten Polman Boleh Dilaksanakan Dirumah, Berikut Penjelasan KUA!

Nikah
Foto Nikah

Polewali Mandar — Kantor Urusan Agama (KUA) se-Polewali Mandar kembali membuka layanan pernikahan dirumah setelah sebelumnya hanya melayani akad nikah di Kantor KUA dikarekanakan pendemik Covid-19.

Layanan tersebut berlaku sejak tanggal 10 juni 2020 kemarin. Hal itu berdasarkan surat edaran NO.P-006/DJ.III/HK.007/06/2020 tentang pedoman pelaksanaan tatanan normal baru (new normal) pelayanan pernikahan pada masa pendemik covid-19.

Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat (BIMAS) Kementrian Agama Kabupaten Polewali Mandar, Adhar (41) saat dijumpai di sela-sela kesibukannya menyatakan. Layanan pernikahan di KUA tidak perna tutup selalu buka.

“Kementrian Agama kemarin sempat membuat regulasi bahwa seluruh pernikahan atau akad nikah yang ada di masyarakat dilakukan dikantor KUA, dengan mengikuti protokol kesehatan,”jelasnya.

Baru sejak tanggal 10 juni 2020 kemarin kata Adhar berdasarkan surat edaran no.006 ada aturan baru bahwa Akad nikah boleh dilaksanakan di KUA boleh juga diluar KUA alias di rumah.

Kendati demikian lanjut Adhar bahwa dalam pelaksanaan Akad nikah hanya dapat dihadiri maksimal 10 orang dan harus memenuhi protokol kesehatan.

“Jadi akad nikah itu hanya bisa di hadiri 10 orang saja yang terdiri dari penghulu, saksi dan wali pernikahan. Selain itu, tentunya harus memenuhui protokol kesehatan”imbaunya.

Ia berharap kepada masyarakat agar terus mengikuti protokol kesehatan seperti memakai masker dan menjaga jarak.

“Semoga masyarakat terus mengikuti prokontrol kesehatan karena jika dalam masyarakat tidak memenuhi aturan tersebut maka penghulu berhak untuk menolak pelaksanan Akad nikah,”tutupnya.(pattae.com*)

Kontributor: Shila
Editor:Hmd