Nyamuk Suka Terbang di Area Telinga Anda? Begini Alasannya

Ilustrasi Gambar Nyamuk sedang mendekati area telinga manusia
Ilustrasi Gambar Nyamuk sedang mendekati area telinga manusia

Nyamuk merupakan hewan yang tergolong dalam jenis serangga. Dalam hidupnya, mengkonsumsi darah sebagai makanan utamanya untuk bertahan hidup. Makanya, mereka itu salah satu musuh bebuyutan manusia.

Hewan yang satu ini dianggap sebagai pengganggu oleh manusia. Selain menggigit dan menghisap darah, seringkali hewan ini juga sering mengusik ketenangan manusia. Mereka sering beterbangan di area telinga manusia, hingga suara dari efek bunyi sayapnya terdengar jelas di telinga.

Namun, tahukah kamu mengapa nyamuk sering terbang di area sekitar telinga…? Berikut alasan dan penjelasannya.

1. Bau keringat pada manusia

Faktanya, nyamuk menyukai bau keringat yang dihasilkan manusia khususnya dibagian kepala yang keluar dari kelenjar keringat.

Keringat yang keluar tersebut ditahan oleh rambut hingga bau keringat tersebut menempel dan bertahan lama di bagian kepala. Itulah sebabnya, sering berkerumun di bagian kepala dan telinga.

Segera keramas jika anda ingin terhindar dari kerumunan nyamuk yang disebabkan bau keringat di kepala.

2. Suhu tubuh manusia

Ternyata nyamuk juga menyukai suhu tubuh manusia. Seiring dengan aktivitas yang dilakukan manusia, masa suhu tubuhnya akan semakin naik. Dari tubuh manusia, bagian telinga lah yang paling mendekati suhu tubuh manusia. Hal itulah yang membuat nyamuk paling suka terbang di bagian telinga.

Anda sering mengalami dan merasa terganggu dengan hal tersebut, maka segera tanggulangi dengan menurunkan suhu tubuh setelah melakukan aktivitas.  

3. Gas Karbon dioksida

Bukan hanya menyukai bau keringat dan suhu tubuh. Ternyata, nyamuk juga sangat suka dengan bau gas karbon dioksida yang bersumber dari mulut.

Gas yang dikeluarkan oleh manusia melalui mulut ini begitu mengundang minat nyamuk datang mendekati area kepala.

Nah…, Itulah fakta mengapa suka nya terbang dibagian telinga. Jika tak ingin terganggu, maka rajin lah mencuci dan keramas, serta bersihkan dan mandi setelah melakukan aktivitas yang menghasilkan keringat agar nyamuk malas mendekati anda.

Selain itu, juga jangan lupa ganti baju agar tidak memancing serangga tersebut mendekati anda disebabkan keringat yang terserap di pakaian. [pattae.com]

Penulis: Casper*