Objek Wisata Kolam Renang Masih Digunakan, Dispop Polman Evaluasi

Foto: Objek Wisata
Objek Wisata. Photografer: Satra

POLMAN–Pattae.Com | Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Polewali Mandar mulai membuka kembali objek wisata yang ada di daerah tersebut kecuali, wisata air atau kolam renang. Sebab, dinilai mempunyai potensi penyebaran Virus Corona (Covid-19).

Di daerah itu sendiri, terdapat banyak destinasi wisata, yang menggunakan kolam renang sebagai sarananya. Termasuk salah satunya Objek wisata di Desa Batetangnga, Kecamatan Binuang.

Meski sudah beberapa kali dipantau, pihak pemerintah melalui Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Dispop) Polewali Mandar masih melihat adanya penggunaan fasilitas kolam renang di area objek wisata tersebut.

Bahkan, Dispop Polman sudah menyampaikan surat edaran tersebut ke pengelola wisata. Namun, pihak pengelola objek wisata belum menindak lanjuti surat Dispop Polman untuk tidak menggunakan sarana kolam renang.  

“Saya cuma ke Limbong lopi, Kali Biru dengan Salu Pajaan karena disitu ji saya lihat banyak pengunjungnya. Tapi hanya limbong lopi yang tidak menggunakan fasilitas kolam renang”. tutur Satra, Tim Kreatif Dispop Polman saat di tugaskan memantau aktivitas wisata di Desa Batetangnga, Minggu 14/6/2020.

Sebelumnya Dispop Polman telah mengeluarkan surat edaran untuk tidak menggunakan fasilitas kolam renang di lokasi wisata. Menurut Pihak Dispop, surat tersebut telah dikirim ke beberapa pengelolah destinasi termasuk yang ada di Desa Batetangnga.  

Larangan menggunakan fasilitas kolam renang dalam surat itu, tegas tertulis, “….Khusus untuk objek wisata yang memiliki fasilitas kolam renang maka dimohon untuk tidak digunakan fasilitas tersebut sampai keadaan kondusif” .

Dengan masih didapatnya pelaku wisata yang menggunakan fasilitas kolam renang, pihak Dispop akan menggelar rapat evaluasi atas pelarangan penggunaan kolam renang di area wisata.

“Besok sebelum Jam 10, hadir di Kantor Dispop Polman untuk (menghadiri) Konferensi Pers hasil evaluasi Pembukaan Objek Wisata”. Kata H Januari Kadispop Polman saat di hubungi via WhatsApp, (14/6).

Meskipun situasi kenormalan baru atau new normal tengah dijalankan di daerah tersebut. Pemerintah Polman mengimbau tuk tetap mematuhi protokoler kesehatan penanganan Covid-19 selama beraktivitas diluar rumah termasuk di area wisata.[*]

Kontributor: Sulfa*
Editor: Bustamin Tato*