Ormawa Poltekkes Kemenkes Bantu Korban Banjir Kalukku Mamuju

korban banjir Kalukku
Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Mamuju beri penanganan medis kepada Korban Banjir Kalukku

Organisasi kelembagaan Mahasiswa (Ormawa) Poltekkes Kemenkes Mamuju salurkan bantuan untuk korban banjir Kalukku, Mamuju, Sulawesi Barat. Rabu 12/10/2022.

Tingginya intensitas curah hujan di beberapa wilayah Provinsi Sulawesi Barat, sejak selasa kemarin (11/10/2022) mengakibatkan banjir di Kabupaten Mamuju. Warga Kalukku yang terkena dampak langsung banjir, memilih mengungsi di tempat yang lebih aman.

Mendengar kabar tersebut, Ormawa yang terdiri dari organisasi intra kampus Poltekkes Kemenkes Mamuju, seperti BEM, HMJ Jurusan dan NET Keperawatan turun melakukan aksi peduli kemanusiaan pada korban bencana banjir.

Mendapatkan arahan lansung Direktur dan Poltekkes Kemenkes Mamuju H. Andi Salim, para mahasiswanya langsung bergerak cepat melakukan aksi penggalangan sosial berupa bantuan.

Dengan menggunakan 2 (dua) unit bis kampus membawa rombongan mahasiswa. Terjun langsungke wilayah kecamatan Kalukku yang terdampak banjir langsung untuk memberikan bantuan.

Presiden BEM Poltekkes Kemenkes Mamuju, Riskayanti, mengungkapkan, gerakan cepat yang mereka lakukan merupakan bentuk kepedulian mahasiswa dan Poltekkes Mamuju untuk bisa saling membantu. Sebab, duka para korban banjir, tentu merupakan duka bagi Poltekkes Mamuju sekaligus sesama warga mamuju,

“Aksi kemanusiaan ini, sebagai bentuk implementasi agen penggerak mampu memiliki kepekaan sosial yang menyangkut khalayak masyarakat banyak,” ungkap Riskayanti yang juga sebagai Duta Kosmetik BPOM Mamuju.

Senada dengan itu, salah satu  mahasiswa Jurusan Keperawatan, Ishwan, yang juga turun langsung membantu para korban banjir di Kalukku, mengatakan, bantuan yang disalurkan merupakan hasil dari penggalangan dana yang dilakukan di kampus.

Sumbangan yang mereka dapatkan berasal dari para dosen dan pegawai Poltekkes Mamuju, baik secara langsung maupun melalui rekening.

“Alhamdulillah, kami tadi telah menyalurkan berupa kebutuhan logistik. Seperti, air mineral, mie instant, telur dan lainnya kepada lokasi posko yang ada,” ungkapnya

Sementara itu, Ishwan HR, selaku Wakil Ketua HMJ Keperawatan mengungkapkan, Poltekkes Mamuju dan para mahasiswa, tidak hanya memberikan bantuan logistik. Namun, juga penanganan medis bagi para korban banjir.  

“Kami bersama BEM dan Juga Tim Medis NET Jurusan Keperawatan, tidak hanya menyalurkan bantuan logistik. Tetapi beberapa diantara teman-teman mahasiswa kami, turut membantu dalam penanganan medis kesehatan, memeriksakan kesehatan seperti membersihkan luka, dan mengukur tekanan darah,” ungkapnya.

Ishwan berharap, apa yang Poltekkes Mamuju dan mahasiswa lakukan, dapat membantu dan meringankan beban para korban banjir Kalukku, Mamuju. [Andi Nasir]*