PAD Nol Dana Pemeliharaan Besar, Sewa Alat Berat PUPR Jadi Tanda Tanya Pansus DPRD

Sewakan Alat Berat
Kendaraan Berat milik Pemkab Polman di Dinas PUPR Polman

Panitia Khusus (Pansus) DPRD Polman menggelar rapat LKPJ Bupati Polman tahun anggaran 2023 di ruang aspirasi DPRD Polman, Selasa (14/5/2024).

Dalam rapat tersebut, anggota Pansus mempertanyakan sewa alat berat di UPTD Workshop Dinas PUPR Polman tahun anggaran 2023 yang hasil pendapatannya Nol. Sementara, anggaran pemeliharaan alat berat dalam laporan tersebut habis terpakai.

Anggota Pansus DPRD Polman Amiruddin, menjelaskan, salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) yaitu sewa menyewa alat berat melalui UPTD Workshop Dinas PUPR Polman .

Pertanyaan yang dilontarkan berdasarkan data yang disodorkan UPTD workshop PUPR Polman kepada Dewan Polman dalam rapat pansus LKPJ Bupati tahun 2023.

Sementara itu, Ketua Pansus LKPJ Bupati 2023 Rudi Hamzah mengatakan, pendapatan penyewaan alat berat Dinas PUPR tidak masuk akal. Sementara, alat berat tersebut besar biayanya.

“Artinya alat ini sudah tidak layak dipakai, ini menjadi poin rekomendasi dewan agar aset Pemda dan alat berat yang sudah tidak berguna karena tidak menghasilkan PAD dijual saja kemudian beli yang baru,”ujar Rudi.

Sementara itu, Kepala UPTD Workshop Dinas PUPR Polman Fahruddin menyampaikan bahwa di tahun 2023 enam unit tronton di UPTD rusak demikian juga alat berat lainnya banyak yang rusak. nanti di 2024 ini baru kembali disewakan.

Kemudian, Sekretaris PUPR Polman Andi Mashuri mengatakan awal tahun kemarin alat berat hanya digunakan dalam penanganan bencana di Anreapi sehingga tidak ada PAD yang masuk. Ditambah lagi dengan banyaknya alat berat yang rusak.

Ia menyebutkan, saat ini alat berat yang masih layak pakai di UPTD Workshop itu sekitar 11 unit alat berat.

Rapat Pansus Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati 2023, Wakil Ketua DPRD Polman Amiruddin menanyakan hal itu ke Pihak Dinas PUPR Polman yang turut hadir di Ruang Aspirasi DPRD Polman, Selasa (14/5).[*]