Panen Madu Trigona Beribu Khasiat di Desa Kuajang Polman

Proses Panen Madu Trigona di rumah madu salah pembudidya madu trigona
Proses panen madu trigona di desa kuajang

Lemo Baru| Proses Panen Madu Trigona di Di dusun Lemo Baru, Desa Kuajang Kecamatan Binuang , Rabu (20/11/2019).

Masa  panen madu trigona  sekitar 3 bulan sekali,  dengan melihat keadaan stup yang ada. Ketika stup memadai dan siap panen  maka madu trigona siap untuk di panen, namun jika stup belum memadai maka belum dipanen. Yang tiap kali panennya bisa sampai satu liter madu.

Lebah trigona merupakan salah satu jenis lebah madu yang tidak bersengat, serta hasil madu yang dihasilkan lebih unggul diatara jenis madu yang berasal dari lebah hutan yang lain.

Khasiat madu trigona, tinggi akan vitamin C dan dapat mengobati jantung, pegal pegal, serta memperkuat daya imun tubuh sehingga tidak mudah sakit.

Hal ini dirasakan oleh para pelanggan yang rutin mengkonsumsi madu trigona ini. Ada beberapa kendala yang dialami pembudidaya madu trigona ini saat menjelang panen, yaitu berasal dari hama predator trigona itu sendiri, seperti semut, cecak, tokek, burung, ayam dan lain lain.

Selain itu pasokan pakan juga harus di antisipasi sebelum musim kemarau, jika tidak maka lebah lebah yang berada di sarangnya akan kabur.

Budidaya madu trigona ini mulai di budidayakan oleh M. samir sekitar setahun lebih dan memperkerjakan satu karyawan. Pemasarannya sudah tersebar di daerah Sulawesi barat itu sendiri , dan di daerah pulau jawa.

Dimana pembudidaya madu trigona ini bekerja sama di bidang pemasaran  dengan salah satu perusahaan di jawa. Harga tiap kemasannya untuk saat ini 100 ribu perkemasan itupun masih diskon, dan diluar Sulawesi bisa mencapai 250 ribu perkemasan.

Alasan pak samir ini membudidayakan madu trigona karena lebih aman di banding budidaya madu lebah yang lain. Karena sengatan dari lebah tersebut jadi lebih aman, tidak berbahaya dan budidaya madu trigona ini lebih menjanjikan dari segi ekonominya.

Tujuan pak amir ini membudidayakan madu trigona agar masyarakat bisa merasakan beribu khasiat yang terkandung di dalam madu trigona ini, serta berharap semoga menginspirasi  masyarakat sekitar untuk mengikuti  jejaknya.

Semoga saya kembangkan ini bisa lebih berkembang lagi, saya berharap ada warga lain yang mau mengikuti jejak ini, mudah mudahan masyarakat bisa merasakan manfaat dari madu trigona itu sendiri” . Ujar  M. Samir Selaku (pembudidaya madu Trigona).[Pattae.com]

Penulis: Sulfiah*

Editor: Andryanto Bahar*

Puskesmas Anreapi Melaksanakan Sosialisasi dan Pelatihan Daur Ulang Sampah
Puskesmas Anreapi Membuat Tempat Duduk Berbahan Dasar Sampah Plastik