Pansus DPRD Bone Kunker ke Polman Sharing Terkait Ranperda-Persiapan Pilkades

DPRD Kabupaten Bone
30 DPRD Kabupaten Bone yang terdiri dari dua Pansus, diterima di ruang aspirasi Kantor DPRD Polman

30 Anggota Pansus Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bone Sulawesi Selatan, ke DPRD Kabupaten Polewali Mandar diterima di Ruang Aspirasi Kantor DPRD Polman, Senin (5/7/2021).

Kedatangan anggota Pansus DPRD Bone tersebut, guna melakukan sharing, terkait Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Penyelenggaraan Pemerintahan Desa. Pengelolaan Zakat dan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) ke DPRD Polewali Mandar.  

Puluhan anggota legislatif asal Kabupaten Bone itu, terbagi dalam dua Pansus (Panitia Khusus).  Pansus 1 DPRD Bone fokus pada bidang penyelenggaraan Pemerintahan Desa dan terkait Pengelolaan Zakat. Sedangkan Pansus 3 fokus ke perencanaan RTRW.

Hasil sharing menyangkut 3 hal tersebut, Kemal, selaku Humas DPRD Bone saat ditemui berharap, dapat menjadi studi kasus bagi DPRD Bone sebagai bahan perbandingan dalam merancang Perda di Kabupaten Bone.

“Hal yang kami sharing kan disini mudah-mudah bisa kita bawa ke Bone sebagai bahan perbandingan. Untuk menggolkan Ranperda yang dimaksud,” Ucapnya.

Tak hanya diskusi persoalan Ranperda Penyelenggaraan Pemerintahan Desa dan Pengelolaan Zakat, serta RTRW. Alasan memilih DPRD Polman untuk melakukan Kunker (Kunjungan Kerja). Menurut Kemal, juga menyangkut persiapan pemilihan kepala desa serentak yang dalam waktu dekat akan di selenggarakan di Kabupten Polman.

Mendengar kabar Kabupaten Polman tidak lama lagi menggelar Pemilihan serentak Kepala Desa pada Oktober 2021 mendatang. Sehingga, DPRD Bone pun dapat mengadopsi persiapan Pilkades tersebut untuk di terapkan di Kabupaten Bone.

Di Kabupaten Bone sendiri, Pemilihan Kepala Desa, kata Kemal, rencananya akan dilaksanakan pada November 2021.

Kedatangan Anggota DPRD Kabupaten Bone, juga menggandeng beberapa Organisasi Perangkat Daerah OPD/Instansi terkait Kabupaten Bone.(*)