Pelabuhan Silopo Tempat Yang Tepat untuk Jalan-Jalan Sore

Pelabuhan silopo adalah sebuah pelabuhan besar, yang berada di Kecamatan Binuang, Kab. Polewali Mandar, Prov. Sulbar. Pelabuhan silopo ini belum dioperasikan, meskipun sebenarnya sudah dibangun sejak sekitar tahun 2009.

Tim Media Pattae (Pattae.com) mengunjungi tempat ini dengan maksud untuk berjalan-jalan sore, karena tempat ini cukup ramai dibicarakan sebagai tempat yang cukup nyaman untuk berjalan-jalan di sore hari. Ternyata informasi yang kami dengar mengenai kenyamanan berjalan-jalan di Pelabuhan ini pada sore hari benar adanya. Meskipun tidak bisa dikatakan “sangat ramai” pengunjung, namun jelas Pelabuhan ini pada sore hari tidak sepi pengunjung. Para pengunjung memanfaatkan Pelabuhan Silopo sebagai tempat bersantai dan nongkrong bersama teman-teman. Diantara mereka ada yang berselfi ria dan berfoto bersama.

Keindahan Pelabuhan Silopo

Saat sinar matahari mulai meredup di waktu sore hari, akan semakin banyak pengunjung yang datang. Mereka tampaknya sangat menikmati suasana dan keindahan laut dengan berdiri di tepi dermaga. Kesejukan hembusan angin laut dan suara terpaan ombak pada dinding beton dermaga jelas mampu memberikan rasa nyaman dan menghilangkan kepenatan.

Salah seorang pengunjung pelabuhan silopo yang sempat kami wawancarai menyatakan bahwa pelabuhan ini adalah tempat yang sangat menarik untuk dikunjungi di waktu sore hari. “Saya sering berkunjung ke tempat ini. Tempatnya nyaman dan pemandangannya indah. Disini kita bisa sejenak melupakan masalah-masalah kehidupan dan bersantai”. Demikian tutur ilham, salah seorang pengunjung pelabuhan silopo yang datang bersama rekannya.

Di Kecamatan Binuang, Kab. Polman, Prov. Sulbar, sepertinya memang banyak tempat wisata alam yang indah. Salah satu tempat wisata alam di Kecamatan Binuang adalah di Rawa Bangun yang berada di Desa Batetangnga, Kec. Binuang. Di tempat itu, anda juga bisa menikmati kuliner khas pattae, yang dikenal dengan nama Nasu Kadundung.

Selain alasan untuk bersantai dan jalan-jalan sore, ternyata Pelabuhan ini juga merupakan tempat yang menarik bagi mereka yang memiliki hobi memancing. Banyak diantara para pengunjung yang datang dengan membawa peralatan dan perlengkapan memancing. Mereka biasanya mengambil posisi diujung dermaga atau ditepi pelabuhan agar dapat dengan mudah melempar kail.

Pengunjung pelabuhan ini, rata-rata anak-anak muda. Mereka biasanya datang beramai-ramai dan bercengkerama di dermaga. Oleh karena letaknya yang dekat dengan daerah Kab. Pinrang, maka mereka yang datang ketempat ini bukan hanya penduduk Kab. Polman, tetapi ada juga diantaranya yang berasal dari Kab. Pinrang. Biasanya,  Pelabuhan Silopo paling ramai di bulan puasa. Para pengunjung datang di sore hari, menikmati pemandangan alam dan suasana laut sambil menunggu adzan maghrib untuk berbuka puasa.

 

Majlis Taqlim Nurul Huda Desa Batetangnga Launching Sekolah Ara tingkat anak-anak
Majelis Taqlim Nurul Huda Batetangnga Luncurkan Tiga Program Kerja