Pemberantasan Narkoba di Polman, BNNK: Telah Melampaui Target

Pemberantasan Narkoba
Konferensi Pers BNNK Polman

Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Polewali Mandar (Polman) beberkan capaian kinerja pemberantasan penyalahgunaan Narkoba di Kabupaten Polman sepanjang tahun 2022.

Kepala BNNK Polman Syabri Syam, saat melakukan konferensi pers di kantor BNNK Polman mengklaim, target pemberantasan penyalahgunaan Narkoba di Polman telah melampau target yakni 433%. Kamis (29/12/2022).

Persentase tersebut, kata Syabri, telah melampaui dari yang di targetkan BNNK Polman tahun 2022, dengan jumlah tersangka sebanyak 13 orang.

Selain itu, barang bukti yang berhasil disita yakni 12,5266 gram narkotika golongan 1 jenis shabu, 2 mobil, 1 motor, 12 Handphone, dan uang tunai sebesar Rp. 300.000.

Begitu pun dengan target untuk pelaksanaan Assessment Terpadu, kata Syabri Syam juga melampaui target. Dimana, target klien untuk pelaksanaan itu sebanyak 25 orang ternyata hingga Desember 2022 mencapai 116 orang atau 464%.

Ia juga mengungkapkan, kerja keras BNNK Polman juga dapat dibuktikan dengan program rehabilitasi yang didalamnya meliputi program Pasca Rehabilitasi penyalahgunaan dan/atau pecandu narkoba, penguatan lembaga rehabilitasi instansi pemerintah, dan penguatan lembaga rehabilitasi komponen masyarakat.

“Selama setahun ini layanan rehabilitasi di BNNK Polman telah melakukan penangan rawat jalan sebanyak 22 orang dari 15 yang ditargetkan. Sedangkan layanan intervensi berbasis masyarakat target 8 orang dengan realisasi 9 orang. Layanan Surat Keterangan Hasil Pemeriksaan Narkotika (SKHPN), target sebanyak 210 dan realisasi sebanyak 250,” ujar Syabri Syam.

Lanjut Syabri, untuk Bidang Pencegahan telah melakukan sosialisasi bahaya narkoba di tingkat masyarakat, sekolah, swasta, desa dan aparatur negara. Selain itu, ada juga program Ketahanan Keluarga yang dilaksanakan terhadap 5 Keluarga (10 Orang).[*]