Pemeriksaan Suhu Tubuh di Perbatasan Polman Cegah Corona

Warga yang hendak memasuki wilayah Sulbar di lakukan pemeriksaan suhu tubuh
Foto: Warga yang hendak memasuki wilayah Sulbar dilakukan pemeriksaan suhu tubuh.

Dalam Upaya mencegah penularan wabah virus corona (Covid-19). Tim Gabungan Pemerintah Kabupaten Polman melakukan pemeriksaan suhu tubuh tiap warga yang masuk ke wilayah perbatasan Polewali Mandar, Sulawesi Barat, Selasa, 31 Maret 2020.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesepsiagaan dari BNPB Polewali Mandar Syarifuddin mengatakan, kegiatan ini merupakan instruksi langsung dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar dan sudah berjalan selama 8 hari.

Bertujuan memutus mata rantai penyebaran Covid-19, pemerintah Provinsi dan Kabupaten melakukan pembatasan dan pemeriksaan suhu tubuh setiap warga yang memasuki wilayah perbatasan.

“Dan selanjutnya kita tidak tau juga sampai berapa hari kedepan. Apakah masih berlanjut atau bagaimana kita menunggu instruksi pak bupati dan pak gubernur”. Tuturnya Syarifuddin saat di temui di posko pemeriksaan, Selasa 31/03/2020.

“Kalo pak gubernur mengatakan seperti ini kita lanjutkan atau pak bupati kita lanjutkan, kita mesti lanjut kedepan. Tapi kami belum mendapat kepastian sampai kapan kita melakukan seperti ini”. Tambahnya

Setiap warga yang masuk wajib menerima perlakuan khusus yakni berupa pemeriksaan kesehatan dengan cara pemeriksaan suhu tubuh. Selain itu, warga juga melakukan cuci tangan di tempat yang telah disediakan oleh petugas di pintu perbatasan Polman.

Apabila nantinya warga atau pengendara tersebut dinyatakan aman, maka diizinkan untuk melanjutkan perjalanan. Sedangkan bila nantinya didapati orang yang dicurigai terkena gejala virus covid-19, maka mendapatkan penanganan khusus.

Perlakuan pemeriksaan tersebut hanya diberlakukan bagi warga yang masuk ke wilayah Sulawesi Barat, sedangkan bagi warga yang sedang melakukan perjalanan keluar dari Sulbar, tidak dilakukan pemeriksaan. Direncanakan kegiatan itu akan berlangsung hingga 3 April mendatang.

Tanggapan Warga Soal Pemeriksaan Suhu Tubuh

Salah satu warga yang bekerja di Kota Parepare hendak pulang kampung mengaku sangat mendukung kegiatan tersebut guna memutus penyebaran virus corona di Polewali Mandar, dan Sulbar pada umumnya

“Bagus, karena takutnya jangan sampai kita kecolongan mending begini sekarang toh….! Orang kan, disini keluar masuk jadi, bagus kalo diadakan yang begini (pemeriksaan) untuk mencegah yang baru masuk dari luar supaya tidak terinfeksi di polewali mandar”. Tutur Muh Dahri warga asal Campalagiang sesaat setelah mengikuti kegiatan pemeriksaan suhu tubuh di Posko Pemeriksaan (31/03).

Lain halnya dengan Ibu Ida warga asal Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan berharap agar kegiatan pemeriksaan terus dilakukan.

“Yah… lumanyan bagus, dan berharap suapaya diperiksa terus kesehatannya (bagai warga yang melintas)”. Tututrnya terburu-buru menuju mobil yang ditumpanginya.

Pengamatan pattae.com pada kegiatan tersebut melibatkan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Polewali Mandar, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan,-POLRI, Satuan Polisi Pamong Praja dan relawan dari Palang Merah Indonesia (PMI).[pattae.com]*

Penulis: Bustamin*
Kontributor: Irwan Jelamis*
Foto: Badrun Nur*

Majlis Taqlim Nurul Huda Desa Batetangnga Launching Sekolah Ara tingkat anak-anak
Majelis Taqlim Nurul Huda Batetangnga Luncurkan Tiga Program Kerja