Pemkab Polman Gelar Musrenbang Secara Virtual Membahas RKPD 2022

RKPD tahun 2022 Polewali Mandar
Musrenbang Pemkab Polman secara virtual membahas terkait RKPD tahun 2022 Polewali Mandar di Alua Balitbangren, Rabu (31/3). Foto: Doc. Pemkab Polman

Dalam rangka pengintegrasian program kegiatan pembangunan dalam menyusun Rencana Kerja Pembangunan Daerah atau RKPD tahun 2022 Polewali Mandar. Pemkab Polewali Mandar melalui Badan Penelitian dan Perencanaan Pembangunan Daerah (Balitbangren) gelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD Kabupaten Polewali Mandar, Rabu 13/3/2021.

Kegiatan terpusat di Alua Balitbangren dilangsungkan secara virtual dengan menyesuaikan kondisi Pandemi Covid-19 yang mebul berakhir. Dibuka secara langsung Bupati Polewali Mandar Andi Ibrahim Masdar.

Andi Ibrahim saat menyampaikan sambutannya, menghimbau kepada seluruh peserta Musrembang agar mengajukan usulan program sesuai dengan ketersediaan anggaran. Hal itu dibutuhkan agar usulan program yang disampaikan dapat berjalan efektif mulai dari perencanaan sampai implementasinya.

Sementara untuk para perwakilan desa dan kelurahan yang mengikuti Musrenbang virtual tersebut. Bupati Polman menyarankan, agar menyampaikan usulan program yang bersifat inovatif dan peka terhadap kebutuhan masyarakat.

lebih lanjut Bupati Polewali Mandar menyampaikan, hasil dari Musrembang ini dapat menjadi bahan pemerintah Kabupaten Polewali Mandar dalam perencanaan rasional, komprehensif, terpadu dan berkelanjutan. Sehingga, mampu memberikan manfaat yang luas bagi pembagunan daerah.

Terkait usulan pembangunan bandara di kabupaten Polewali Mandar. Andi Ibrahim berharap, program itu dapat di akomodir pemerintah pusat. Menginat posisi geografis kabupaten Polewali Mandar sangat strategis dalam menunjang transportasi udara.

Pada Musrenbang RKPD virtual untuk RKPD tahun 2022 Polewali Mandar, diikuti Wakil Bupati, Kepala Balitbangren, Perwalikan OPD, Staf Ahli, Asisten Daerah, Camat, Desa dan Lurah serta undangan lainnya.

Selain jajaran pemerintah kabupaten Polewali Mnadar, kegiatan tersebut juga diikuti Ketua DPRD Kabupaten Polewali Mandar, Deputi Bidang Pengembangan Bappenas, Kepala Bappeda Provinsi Sulawesi barat, jajaran Forum Koordinasi pimpinan daerah dan beberapa instansi vertikal.

Direktur Regional II Bappenas dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya terkait kinerja pemerintah kabupaten Polewali Mandar. Terutama di masa pandemi dimana terjadi peningkatan IPM dan menurunnya angka pengangguran terbuka di kabupaten Polewali Mandar. 

Tingginya alokasi anggaran DAU untuk Pembangunan Infrastruktur di Polewali Mandar, dan capain pertumbuhan ekonomi Kabupaten Polewali Mandar yang melebihi pertumbuhan ekonomi Provinsi Sulawesi Barat juga mendapat apresiasi Direktur Reginal II Bappenas.