Pemkab Polman Siapkan Bantuan 3 Milyar untuk Rumah Tak Layak Huni

Rumah Tak Layak Huni
Ka Dinsos Polman Azwar Jasin

Melalui Dinas Sosial, Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar (Polman) menyiapkan bantuan Rp3 Milyar dari anggaran daerah untuk program bedah Rumah Tak Layak Huni (RTLH) tahun 2022.

Anggaran program bantuan bedah rumah tahun ini yang bersumber dari APBD Kabupaten Polman tahun 2022, direncanakan terealisasi Agustus (2022) mendatang.

Hal itu disampikan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Polman, Azwar Jasin, saat ditemui di Kantor DPRD Polman, Selasa (19/07/2022)

“Tahun ini (2022) kan kita ada anggaran sekitar 3 Milyar dan bantuan ini angkanya bervariasi dari 7,5 juta sampai 12 juta lima ratus. Tergantung apa kebutuhan penerima manfaat,” ungkapnya.

Sementara untuk penerima manfaat tersebut, akan di sampaikan setelah fasilitator RTLH Kabupaten melakukan verifikasi untuk mengetahui mana saja yang layak mendapat bantuan bedah rumah.

“Insya Allah dalam waktu dekat ini sudah rampung verifikasi 16 Kecamatan. Karena sampai saat ini, tinggal dua Kecamatan yang belum selesai di verifikasi yakni; Kecamatan Polewali dan Matakali,” Tambahnya.

Kewenangan menentukan berapa kebutuhan penerima manfaat, Azwar, menerangkan telah diserahkan sepenuhnya kepada Fasilitator Kabupaten untuk turun ke lapangan.

“Yang jelas pekerjaan fasilitator Kabupaten sekarang ini bagaimana turun ke lapangan. Melakukan verifikasi ke warga yang betul-betul layak mendapatkan bantuan tersebut,” terangnya.

Adapun syarat penerimaan manfaat bantuan bedah rumah tak layak huni, harus terdaftar dalam data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS).[*]