Pemprov Siap Bantu Pembangunan Rumah Warga yang Rusak Akibat Longsor di Tapango

Pembangunan rumah warga
Gubernur Sulawesi Barat Ali Baal Masdar melihat langusng kondisi pasca bencana longsor di dusun 3 Tappan desa Kalimbua kecamatan Tapango, kabupaten Polewali Mandar, Senin (25/1/2021).

Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat mengaku siap membantu pembangunan rumah warga yang rusak akibat bencana longsor di daerah Tapango, kabupaten Polewali Mandar.

Gubernur Sulawesi Barat Ali Baal Masdar melihat langsung kondisi pasca bencana longsor yang terjadi pada Rabu (13/1) lalu. Di dusun 3 Tappan desa Kalimbua kecamatan Tapango, kabupaten Polewali Mandar, Senin (25/1/2021).

Disambut pemerintah Kecamatan Tapango dan pemerintah desa Kalimbua, Ali Baal mengecek beberapa kerusakan infrastruktur akibat longsor dan banjir, termasuk rumah warga.

Setelah mengecek tiap bangunan yang mengalami kerusakan termasuk rumah warga. Mantan Bupati Polewali Mandar 2 periode tersebut. Berencana akan membantu dengan membangun kembali rumah warga yang rusak akibat longsor di lokasi perumahan.

“Kita berharap agar betul-betul setelah selesai semuanya, tinggal bagaimana beberapa penduduk yang mau dipindahkan rumahnya,” ucap Gubernur Sulbar.

Diketahui, rumah warga yang mengalami rusak parah akibat tertimbun material longsoran dan banjir di Tapango sebanyak 6 unit. Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat mengaku siap memberikan bantuan pembangunan rumah warga.

“Insya Allah Pemerintah nanti juga akan memberikan bantuan, ada berapa rumah itu? 6 rumah yah… Insya Allah,” kata orang nomor satu di Sulawesi Barat tersebut.

Tak hanya membantu pemulihan rumah warga yang terdampak. Gubernur Sulbar juga akan memperbaiki kerusakan infrastruktur lainnya seperti PDAM di desa Riso. Dimana, tiang jalur air PDAM di desa tersebut rusak dihantam banjir.

Selain itu, di sepanjang jalan ia selalu menyempatkan diri singgah ketika melihat warga yang berjalan kaki untuk diberikan masker kepada masyarakat Riso hingga Kalimbua.

Sebelum pulang, Gubernur Sulawesi Barat Ali Baal Masdar menyempatkan diri berkunjung ke rumah mantan desa Riso yang tak lain keluarga dekatnya dan menyapa beberapa masyarakat.