Pemrov Sulbar dan Pemkab Polman Hadiri Seminar Pembentukan Kabupaten Balanipa

Seminar Pembentukan Kabupaten Balanipa
Seminar Pembentukan Kabupaten Balanipa di Hotel Four Point Makassar, Jumat (26/3/2021).

Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia Kerja Sama Dengan Komite Aksi Percepatan Pembentukan (KAPP) Balanipa menggelar seminar Pembentukan Kabupaten Balanipa dengan Tema,” Pemekaran Daerah Alternatif Percepatan Pembangunan Balanipa” di Hotel Four Point Makassar, Jumat (26/3/2021).

Seminar berlangsung 4 jam tersebut dihari Pemerintah Sulawesi Barat, diwakili Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Provinsi Sulbar Jamil Barambangi.  

Sementara dari Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar hadir Wakil Bupati Polewali Mandar M. Natsir Rahmat, mewakili Pemkab Polman. Kedua perwakilan pemerintah daerah itu, mendukung penuh pemekaran Balanipa dari Kabupaten Polewali Mandar.

“Pemerintah Kabupaten Polman berkomitmen dan siap mendukung komite aksi pencepatan pembangunan Kabupaten Balanipa,” ungkap Natsir saat menyampaikan sambutannya, Jumat (26/3/2021)

Natzir juga berharap, Pemerintah pusat segera melakukan revisi Undang-undang dan merumuskan kembali UU baru, serta mencabut moratorium pemekaran wilayah Indonesia.

Sedangkan Jamil Barambangi mengatakan, usulan pemekaran Kabupaten Balanipa tersebut sudah bertahun-tahun dibicarakan. Untuk itu ke depannya, apapun yang dibutuhkan dalam pembentukan Kabupaten Balanipa nantinya, Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat siap membantu.

“Kedepan apapun yang dibutuhkan dari provinsi, pemerintah siap memfasilitasi pembentukan Kabupaten Balanipa dan Kota Mamuju,” Ujar Jamil.

Seminar pemekaran Balanipa yang dihadiri pula Wakil Ketua DPD RI H. Mahyudin, menjelaskan terkait pembentuk otonomi daerah baru. ia mengatakan, ada banyak daerah yang ingin membentuk daerah otonomi baru. Namun, terkendala di aturan pemerintah pusat.

Dari kendala tersebut, Mahyuddin dalam Seminar Pembentukan Kabupaten Balanipa berharap adanya pemulihan anggaran agar moratorium dapat dibuka kembali.

Diakhir sambutannya, ia membuka resmi seminar Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia Kerja Sama Dengan Komite Aksi Percepatan Pembentukan (KAPP) Balanipa.