Pemuda Desa Batetangnga Selenggarakan Pembelajaran Keaksaraan

foto bersama kegiatan pembelajaran keaksaraan di Dusun Baruga Desa Batetangnga
foto bersama kegiatan pembelajaran keaksaraan di Dusun Baruga Desa Batetangnga

Pemuda Desa Batetangnga bekerja sama dengan  Sanggar kegiatan belajar (SKB), Dinas Pendidikan dan Dinas Kebudayaan, laksanakan program pembelajaran Keaksaraan. kegiatan tersebut diikuti 40 peserta, baik dari kalangan pemuda sampai orang tua. Kamis (19/12/2019).

Kegiatan itu dilangsungkan Di Dusun Tallang Bulawan, Desa Batetangnga, kecematan Binuang, Kabupaten Polewali Mandar, Provinsi Sulawesi Barat.

 Alasan dilaksanakannya Program tersebut adalah, sebab minimnya pengetahuan membaca dan menulis dikalangan masyarakat pelosok Khususnya di Dusun Tallang Bulawan (ato rea).  Program tersebut diambil oleh pemuda  Desa Batetangnga agar bisa mengurangi minimnya buta aksara yang ada di Dusun tersebut.

Selan itu, mereka berharap  kegiatan tersebut berlanjut sampai seterusnya agar masyarakat tau soal membaca dan menulis terkhusus di Dusun Tallang Bulawan.

Suardi yang diketahui Salah seorang pelopor pemuda Desa Batetangnga menyatakan. ”Program ini kami adakan untuk kemajuan masyarakat yang ada di Dusun Tallang Bulawan Desa Batetangnga”. Tutur Suardi atau yang kerap di sapa Cua’

sementara itu ia menambahkan ”Agar masyarakat di Desa kami kedepannya bisa membaca dan menulis, dan tidak di bodo-bodohi orang lain” tambahnya.

bapak beranak satu itu juga menjelaska, kegiatan pembelajaran keaksaraan tersebut sudah berjalan sejak tahun 2017 sampai sekarang ini. “Kegiatan ini sebenarnya suda sering kami laksanan, mulai dari tahun 2017 hinga tahun ini 2019” jelasnya.

“Dan suda banyak kami bimbing mulai dari Dusun Cendana Desa Kaleok, Dusun Eran batu,Dusun Tallang Bulawan, Dusun Pamutu Desa Batetangnga” tambahnya.

Terakhir ia juga menuturkan harapannya agar masyarakat Batetangnga kedepan, bisa terhindar dari buta aksara dan dapat berkreasi dengan kamampuan membaca dan menulis. “Dan semogah kedepannya masyarakat di Desa Batetanganga ini lebih maju dan tidak ada lagi tdk bisa membaca atau menulis”. Tutup Suardi

Dilain sisi, terlihat antusias warga Dusun Tallang Bulawan mengikuti program kegiatan yang dilaksanakan oleh pemuda Desa Batetangnga. mereka juga merasa senang dan bangga karena adanya kegiatan yang dilaksanakan oleh pemuda di Desa Batetangnga. [pattae.com]

Reporter: Faisal Bakri*
Editor: Irwan Jel*

Sunyi : Wisata Alam “Limbong Sitodo” Jarang Dikunjungi Lagi