Penerimaan CPNS-P3K Buka September 2023, Ada 1 Juta Formasi

Penerimaan CPNS
Penerimaan CPNS

Penerimaan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja atau PPPK dan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Rencananya buka pada September 2023 mendatang.

Terdapat 1,030 Juta formasi untuk penerimaan CPNS – PPPK 2023 yang tersebar di berbagai kementerian dan Pemerintah Daerah (Pemda).

80 dari kuota tersebut, peruntukannya untuk tenaga honorer menjadi PPPK. Selebihnya bagi fresh graduate yang ingin menjadi ASN.

“Honorer kami prioritaskan karena mereka telah mengabdi kepada layanan publik di pemerintah pusat dan daerah,” ujar Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Abdullah Azwar Anas dikutip dari laman idntimes.com, Kamis (13/7/2023).

Meski demikian, proses penerimaan calon pegawai, baik itu ASN maupun PPPK pada September 2023, masih dalam tahap validasi data.

Meskipun begitu, pemerintah setidaknya telah memutuskan akan melakukan perekrutan CPNS tahun ini (2023).

Adapun prioritas pemerintah dalam perekrutan nantinya adalah pemenuhan kebutuhan profesi tertentu seperti hakim, jaksa, dosen, serta tenaga teknis lainnya.

Bagi masyarakat yang ingin mengetahui lowongan CPPNS 2023 terbuka, Kepala Biro DAKIP Kemenpan-RB, Mohammad Averrouce, mengimbau untuk membuka laman resmi Kemenpan-RB dan Badan Kepegawaian Negara (BKN).[*]