Pengertian Zodiak : Yang Harus Anda Ketahui Tentang Zodiak

Pengertian Zodiak Yang Harus Anda Tahu Tentang Zodiak
Pengertian Zodiak Yang Harus Anda Tahu Tentang Zodiak

Pengertian zodiak hanya dapat dipahami dengan baik bila dilihat sebagai bagian dari ilmu astrologi. Mengapa demikian? karena zodiak itu adalah produk dari ilmu astrologi. Sampai disini, banyak yang menyamakan astologi dan astronomi, keduanya benar-benar mirip, seperti saudara kembar. Namun perlu dipahami, kita tidak akan menemukan pengertian zodiak yang relevan dalam ilmu astronomi. Meskipun benar bahwa ilmu astrologi maupun astronomi sama-sama mempelajari tentang pergerakan benda-benda langit. Tetapi keduanya berbeda, karena ilmu astronomi merupakan ilmu sains yang mempelajari dan meramalkan peristiwa alam yang terjadi di alam semesta. Sedangkan ilmu astrologi menghubungkan pergerakan benda-benda planet dengan kehidupan manusia. Dengan demikian, ilmu astronomi memberikan dasar dan struktur bagi ilmu astrologi muncul dan berkembang. Berikut beberapa penjelasan dari Pattae.com tentang pengertian zodiak dalam perspektif ilmu astrologi.

Pengertian Zodiak sebagai Tanda Matahari

Pengertian zodiak sebagai tanda matahari. Dalam astrologi, zodiak adalah sabuk khayal berbentuk lingkaran kubah besar yang terbentang di langit. Sabuk khayal tersebut memiliki lebar 18° dan berpusat pada lingkaran ekliptika, yaitu suatu pola lintasan perubahan posisi matahari di angkasa. Ekliptika yang dimaksud bukan lintasan matahari mengelilingi bumi, akan tetapi perbedaan posisi matahari di langit terhadap bumi. Posisi tersebut berubah setiap hari, dan dalam kurun waktu setahun membentuk alias satu lingkaran penuh. Semua benda-benda yang berada dalam tata surya kita, bila diamati, akan tampak seperti beredar mengelilingi lingkaran ekliptika tersebut. Di sepanjang lingkaran ekliptika tersebut, terdapat gugus bintang atau rasi bintang. Inilah pengertian zodiak yang sebenarnya dalam ilmu astrologi.

Diyakini bahwa konsep pembagian gugus atau rasi bintang ini dimulai oleh peradaban kuno yang berada disekitar lembah sungai Eufrat. Diperkirakan pada awalnya, peradaban manusia hanya mengenal enam gugus bintang, yakni: Taurus, Cancer, Capricornus, Virgo, Pisces dan Scorpio. Dalam perkembangannya, lingkaran ekliptika tersebut, dibagi dalam 12 ukuran yang sama. Pembagian gugus bintang di langit ini dilakukan sepanjang lingkaran ekliptika. Pembagiannya dimulai dari perpotongan antara lingkaran ekliptika dan garis khatulistiwa. yang disebut vernal equinox.

Seluruh benda planet yang dapat disaksikan dari bumi beredar dalam lingkaran ekliptika. Oleh karena itu, benda-benda planet tersebut beredar dalam wilayah 12 zodiak. Tanda zodiak seseorang disesuaikan dengan posisi atau kedudukan matahari pada saat kelahirannya. Sebagai contoh, seseorang yang lahir pada akhir bulan februari memiliki zodiak Pisces. Oleh karena pada saat itu, posisi matahari berada dalam rasi bintang Pisces.

Pengertian Zodiak Secara Etimologi

Pengertian zodiak secara etimologi atau dari asal usul kata. Zodiak berasal dari bahasa Yunani, disebut dengan Zoodiacos Cyclos yang secara harfiah dapat diartikan sebagai lingkaran hewan. Diterjemahkan sebagai lingkaran hewan, mungkin karena kebanyakan dari rasi bintang ini adalah binatang, seperti: kepiting, domba, singa, kalajengking, ikan dan beberapa lainnya adalah disimbolkan dengan manusia, seperti si kembar gemini, dan virgo sang perawan.

Dalam pengertian zodiak, menurut ilmu astrologi dikenal 12 zodiak, antara lain: Aries, Taurus, Gemini, Cancer, Leo, Virgo, Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricorn, Aquarius dan Pisces. Perhitungan zodiak secara berurutan dimulai dari Aries, yakni rasi bintang yang berada dalam titik nol derajat atau titik potong vernal equinox. Setiap zodiak memiliki lambang tertentu. Lambang tersebut, dibuat bukan sebagai kebetulan. Setiap nama dan lambang zodiak memiliki makna tersendiri yang mencerminkan pengaruh terhadap kepribadian seseorang. Hal ini mungkin akan kami jelaskan secara terpisah dalam artikel Pattae.com yang selanjutnya.

Dewasa ini, pengertian zodiak, tidak lagi dibatasi hanya pada 12 zodiak. Oleh karena pada tahun 2011, astronom menyebutkan bahwa mereka telah menemukan konstalasi zodiak yang baru. Mereka menyebutnya Ophiuchus, yang dilambangkan sebagai pembawa ular. Meski demikian, zodiak ke-13 ini sepertinya diabaikan oleh para ahli astrologi karena periode waktunya terlalu sempit. Hanya tanggal 30 November sampai dengan 17 Desember. Bila penambahan zodiak ini diterima, maka zodiak Scorpio hanya dimiliki orang yang lahir pada tanggal 23 November sampai dengan 29 November atau kurang lebih hanya 7 hari.

Pengertian Zodiak Yang Harus Anda Tahu Tentang Zodiak
Gambar Ilustrasi: fortniteintel.com

Astrologi, Horoskop dan Zodiak

Manusia pada zaman dahulu suka memperhatikan langit. Mereka mengamati pergerakan planet-planet dan benda-benda langit lainnya. Mereka mempelajari pergerakan tersebut, dan kemudian mampu membuat prediksi yang cukup akurat mengenai peristiwa di masa depan. Misalnya dengan memprediksi musim atau cuaca untuk bercocok tanam atau untuk pergi melaut. Itulah awal mula perkembangan ilmu astrologi.

Dalam perkembangannya, ilmu astrologi memperkenalkan horoskop. Horoskop adalah sebuah bagan atau diagram yang menggambarkan posisi Matahari, bulan, planet-planet, aspek-aspek astrologis, dan sudut-sudut sensitif pada saat kelahiran seseorang. Itulah sebabnya sehingga horoskop menjadi sangat pribadi bagi seseorang. Setiap kedudukan atau posisi benda-benda planet dianggap menghadirkan energi yang berbeda-beda. Komposisi tersebut memberikan tanda potensi-potensi yang dimiliki oleh pribadi yang lahir pada waktu dan tempat tertentu.

Sebagaimana telah disebutkan dalam pengertian zodiak sebagai tanda matahari, Setiap zodiak menggambarkan posisi matahari dalam lingkaran ekliptika. Dalam periode waktu tertentu, posisi matahari tersebut berubah bergeser ke wilayah zodiak atau rasi bintang lainnya. Pergeseran posisi matahari dari waktu ke waktu itu dijelaskan dalam bagan horoskop.

Pengertian Zodiak sebagai Tanda Benda Astronomi Lainnya

Pengertian zodiak sebagai tanda posisi matahari dalam rasi bintang, sebenarnya hanya untuk menentukan satu zodiak saja. Ilmu astrologi menyusun horoskop tidak terbatas pada melihat posisi matahari saja. Mereka juga menilai posisi benda planet lainnya selain matahari. Ada 3 tanda utama yang mempengaruhi kepribadian seseorang. Pertama, zodiak berdasarkan posisi matahari atau yang sering disebut Sun Sign. Kedua, zodiak berdasarkan posisi bulan atau yang disebut dengan Moon Sign. Ketiga adalah konstalasi zodiak yang terbit pada langit bagian timur, yang disebut dengan Rising Sun. Kami akan kembali membahas pengertian zodiak dalam ketiga model tersebut secara lebih jelas dalam artikel kami yang selanjutnya.

Demikian ulasan tentang pengertian zodiak. Semoga uraian tersebut diatas, dapat memberikan kejelasan mengenai pengertian zodiak secara utuh. Tetap update informasi dari kami selanjutnya.

 

Menuntut Kasus Penebangan Liar, Warga Batetangnga Melakukan Aksi